Manajemen Program Pengembangan Bakat Siswa di SMA Negeri 1 Balong

Sayfudin, Koko (2020) Manajemen Program Pengembangan Bakat Siswa di SMA Negeri 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
KOKO SAYFUDIN 211216031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sayfudin, Koko. 2020. Manajemen Program Pengembangan Bakat Siswa (Penelitian Kualitatif di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Bakat Siswa
Sekolah merupakan lembaga pendidikan wadah bagi siswa menimba ilmu. Diperlukan suatu upaya dalam mengembangkan kemampuan siswa agar bakat dan kemampuan tersebut dapat berkembang dan dimanfaatkan secara optimal. Manajemen program yang dilakukan SMA Negeri 1 Balong dalam meningkatkan kualitas siswa sehingga dapat mencapai prestasi di bidang akademik, non-akademik, dan seni melalui progam pengembangan bakatnya. Sekolah merancang program pengembangan bakat siswa untuk memudahkan dalam membimbing dan memberikan pelayanan dalam meningkatkan bakat siswanya sehingga dengan program tersebut siswa dapat berprestasi dan memajukan mutu sekolah.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan program pengembangan bakat siswa di SMA Negeri 1 Balong. (2) Pengorganisasian program pengembangan bakat siswa di SMA Negeri 1 Balong (3) Pelaksanaan program pengembangan bakat siswa di SMA Negeri 1 Balong. (4) Evaluasi program pengembangan bakat siswa di SMA Negeri 1 Balong.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik ini yang dipilih dalam analisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan program pengembangan bakat memiliki beberapa tahapan meliputi, a) menetapkan tujuan, b) mengidentifikasi keadaan saat ini dengan inventarisasi data tentang bakat minat siswa, sarana prasarana, dana, dan SDM, c) mengidentifikasi segala potensi dan kelemahan, d) mengembangkan serangkaian kegiatan. (2) Pengorganisasian program pengembangan bakat dilakukan dengan pembagian tugas dalam perencanaan, pelasanaan, dan evaluasi program. (3) Pelaksanaan program pengembangan bakat dimulai dengan perekrutan siswa, menentukan waktu pelaksanaan program, menetapkan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program, melaksanakan program sesuai tugas yang ditentukan, mengantisipasi segala peluang dan hambatan pelaksanaan program, selanjutnya menetapkan tindak lanjut dalam mengatasi hambatan, demikian itu telah diatur dengan baik. (4) Evaluasi program pengembangan bakat dilakukan melalui evaluasi program yang dilakukan satu semester sekali dan evaluasi murid setiap seminggu sekali atau selesai latihan berdasarkan jurnal. Hasil program pengembangan yang dilakukan terbukti dengan pencapaian prestasi siswa siswinya dimana sering kali menjuarai berbagai ajang lomba akademik maupun non-akademik dalam kurun waktu 4 tahun terakhir di tingkat Kota, Provinsi, maupun Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIS NURBAWAANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:39
Last Modified: 02 Dec 2020 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item