(FILE KOSONG)Efektifitas Program Dana Bergulir Dalam Pengembangan Usaha Pedagang Mikro Di Baznas Pacitan

Afifah, Zumrotul (2020) (FILE KOSONG)Efektifitas Program Dana Bergulir Dalam Pengembangan Usaha Pedagang Mikro Di Baznas Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Afifah, Zumrotul. Efektivitas Progam Dana Bergulir dalam Pengembangan Usaha Pedagang Mikro di Baznas Pacitan. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag.
Kata kunci: Progam dana bergulir, pengembangan usaha pedagang mikro.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pedagang mikro yang membutuhkan tambahan modal usaha untuk mengembangkan usahanya. Sehingga Badan Amil Zakat Nasional Pacitan memberikan solusi kepada pedagang mikro dengan memberikan pinjaman progam dana bergulir. Keberhasilan progam dana bergulir dalam membantu pengembangan usaha pedagang mikro juga dapat tentukan oleh perencanaan progam, pembinaan kepada pedagang mikro dan dampak yang diterima oleh pedagang mikro melalui pinjaman dana bergulir.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas progam dana bergulir dalam pengembangan usaha pedagang mikro di BAZNAS Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field reseach) Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif induktif. Penelitian dilakukan di Badan Amil Zakat Nasional Pacitan dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan progam dana bergulir di BAZNAS Pacitan yang sifatnya membantu pedagang mikro guna perkuatan modal usaha belum efektif. Hal itu dibuktikan dengan belum tercapainya salah satu tujuan dari perencanaan tersebut. 2. Pembinaan dan pengawasan terhadap pedagang mikro sudah dilakukan oleh BAZNAS Pacitan beum efektif, dikarenakan belum tercapainya tujuan pembinaan dan pengawasan dari BAZNAS Pacitan. Namun belum semua pedagang mikro dapat memahami maksud pembinaan tersebut. 3. Dampak dari penyaluran dana bergulir dari BAZNAS untuk pedagang mikro yang digunakan mengembangkan usahanya berdampak kurang efektif. Hal ini di sebabkan belum semua pedagang mikro dapat mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:35
Last Modified: 02 Dec 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item