Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Insomnia Pada Mahasiswa/i Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo

Hardiyanti, Arisma Yuli (2020) Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Insomnia Pada Mahasiswa/i Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UNGGAH KE PERPUS (ARISMA_BPI_211516014).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa adalah seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah perguruan tinggi. Difase inilah hambatan-hambatan akan mulai mereka hadapi. Terlebih lagi ketika mereka sudah menginjak semester demi semester, maka tugas-tugas yang harus mereka kerjakanpun juga akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dari semester sebelumnya. Ketika, semakin mendekati semester akhir maka mereka harus dihadapkan dengan tugas akhir salah satunya adalah skripsi. Di semester delapan atau semester akhir inilah merupakan periode penuh krisis.Tuntutan yang mereka hadapipun tidak hanya tuntutan akademik namun juga non akademik. Beberapa keadaan penuh krisis dapat menjadikan sebuah beban dan tekanan. Kemudian tekanan-tekanan yang tidak mampu mereka seimbangkan,dapat membuat mereka stres. Keadaaan stres ini dapat menimbulkan adanya resiko gangguan tidur berupa insomnia. Sehingga gangguan insomnia ini kemungkinan besar ada hubungannya dengan stressor yang berupa proposal dan skripsi maupun permasalahan-permasalahan lain yang mahasiswa/i alami.
Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres dan gangguan insomnia yang dialami mahasiswa/i BPI semester delapan tahun akademik 2019/2020 serta mengetahui bagaimana hubungan tingkat stres dengan gangguan insomnia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 53 responden.Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, dan analisis yang digunakan menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji statistik (statistik deskriptif dan statistik inferensial), dan uji hipotesis koefisien kontigensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang dialami mahasiswa/i Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo sebanyak 38 responden (72%) mengalami stres tingkat sedang. Kemudian gangguan insomnia yang dialami mahasiswa/i Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo sebanyak 43 responden (82%) mengalami insomnia tingkat sedang. Berdasarkan uji hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan gangguan insomnia pada taraf signifikan 5% r hitung = 0,479 > (lebih besar) dari r tabel = 0,266, maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:34
Last Modified: 02 Dec 2020 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item