Upaya Keteladanan Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Di MIN 7 Ponorogo

Dianty, Jelita Arma (2020) Upaya Keteladanan Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Di MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616028 JELITA ARMA DIANTY.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Jelita Arma. Upaya Keteladanan Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Di MIN 7 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M. Pd.

Kata Kunci: keteladanan guru, disiplin

Keteladanan guru merupakan perbuatan atau tindakan sehari-hari dari seorang guru yang mana beliau adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik yang akan ditiru oleh siswa karena anak merupakan peniru terhebat. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku seseorang tertib dan patuh dalam berbagai aturan yang sudah ditetapkan. Kepatuhan dengan kesadarandiri bukan dari keterpaksaan. Kenyataan yang terjadi pada lingkungan sekolah adalah kurangnya disiplin pada peserta didik seperti datang terlambat, berseragam tidak lengkap dan tidak mematuhi tata tertib sekolah. Hal-hal tersebut merupakan dasar dalam penaanaman disiplin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan guru, internalisasi keteladanan guru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat keteladanan guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin di MIN 7Ponorogo.
Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankualitatifkemudianwaktupenelitian dilakukan pada bulan Desember-Mei 2020 dan subyek penelitian ini adalah guru di MIN 7 Ponorogo. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas I, III, IV dan kepala sekolah dan Teknikpengumpulandatamelaluiobservasi,wawancaradandokumentasidanuntukpengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi. Untuk teknik analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dankesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama bentuk-bentuk keteladanan guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin di MIN 7 Ponorogo seperti: guru selalu datang tepat waktu, guru selalu berpenampilan bersih dan rapi, guru selalu menjaga kebersihan, guru selalu mentaati peraturan sekolah, guru selalu bertutur kata yang baik dan sopan dan guru selalu mengikuti kegiatan sholat berjamaah. Kedua internalisai keteladanan guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin di MIN 7 Ponorogo melalui kegiatan yang dilakukan sekolah seperti berjabat tangan pagi yang terdapat keteladanan guru dalam menanamkan disiplin tepat waktu dan berpenampilan dengan rapi dan bersih. Kemudian kegiatan membuang sampah pada tempatnya yang didalamnya terdapat keteladanan guru dalam menanamkan disiplin menjaga kebersihan. Selanjutnya kegiatan upacara bendera yang didalamnya terdapat keteladanan guru menanamkan disiplin mematuhi aturan saat upacara berlangsung. Adapun faktor pendukung dan penghambat keteladanan guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin di MIN 7 Ponorogo adalah melalui lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Dari faktor keluarga, hubungan baik antara anak dan orang tua menjadi salah satu pemicu terbentuknya kepribadian yang baik bagi anak didik dan sebaliknya. Sedangkan dari faktor lingkungan, anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik apabila lingkungan sekitarnya juga baik dan begitupunsebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:26
Last Modified: 02 Dec 2020 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item