Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo

Mahdaniarohmatulloh, Mahdaniarohmatulloh (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316064 MAHDANIAROHMATULLOH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahdaniarohmatulloh. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Penggunaan Metode Demonstrasi, Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual, Prestasi Belajar Siswa.

Prestasi belajar merupakan penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama proses belajar mengajar dalam kurun waktu tertentu. Prestasi yang dicapai anak atau peserta didik satu dengan yang lain bisa jadi berbeda, semua tergantung dari potensi (kecerdasan) yang dimilikinya. Jika anak memiliki potensi yang menonjol dalam suatu kecerdasan, kemungkinan besar ia akan mencapai prestasi yang tinggi dalam bidang tersebut. Sebaliknya, andaikan anak kurang memiliki kecerdasan dalam suatu bidang, kemungkinan besar ia akan memiliki prestasi yang kurang memuaskan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pengunaan metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Pengunaan metode demonstrasi mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 19,3%. (2) Penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13.5%. (3) Penggunaan metode demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 7.188, Ftabel sebesar 3.25 dan R2 sebesar 28.0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 28.0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:24
Last Modified: 02 Dec 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item