Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Jenjang Pendidikan Dasar Berbasis Agama Islam (Studi Kasus Di MI Thoriqul Huda Beketok, Dagangan, Madiun)

Khoiriyah, Annisatul (2020) Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Jenjang Pendidikan Dasar Berbasis Agama Islam (Studi Kasus Di MI Thoriqul Huda Beketok, Dagangan, Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload_210616208_annisatul khoiriyah.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Annisatul. 2020, Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Jenjang Pendidikan Dasar Berbasis Agama Islam (Studi Kasus Di Mi Thoriqul Huda Beketok, Dagangan, Madiun). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd

Kata Kunci: Motivasi, Orang Tua dan Pendidikan Dasar Berbasis Agama Islam
Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia. Pendidikan merupakan upaya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan individual, Pendidikan akan membawa pengetahuan kepada anak untuk mencapai puncak impiannya. Pusat pendidikan pertama yang di dapati oleh anak adalah lingkungan keluarga, pendidikan di lingkungan keluarga sangat strategis untuk memberikan pendidikan ke arah kecerdasan, budi pekerti atau kepribadian serta persiapan hidup di masyarakat. Setiap orang tua harus bisa dijadikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi orang tua dalam memilih jenjang pendidikan dasar berbasis agama Islam di MI Thoriqul Huda Beketok Dagangan Madiun, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya di MI Thoriqul Huda Beketok Dagangan Madiun.
Penelitian ini dilakukan di MI Thoriqul Huda Beketok Dagangan Madiun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Motivasi orang tua dalam memilih jenjang pendidikan dasar berbasis agama Islam di MI Thoriqul Huda dilihat dari hasil data yang diperoleh peniliti sebagian besar dari orang tua yang memilih sekolah dasar MI Thoriqul Huda menginginkan anaknya lebih paham dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai ajaran agama Islam, mengetahui segala aturan yang ada dalam agama Islam, dan dapat membentuk anak yang berakhaqul karimah serta berbudi pekerti luhur. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya di MI Thoriqul Huda Beketok, dilihat dari beberapa wawancara yang telah dilakukan peniliti hasil dari data yang diperoleh, yaitu ada beberapa faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih MI Thoriqul Huda Beketok sebagai jenjang sekolah dasar diantaranya banyaknya orang tua yang merasa senang ketika anak bersekolah di MI Thoriqul Huda Beketok karena banyak kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan. Anak memiliki pribadi yang lebih baik dan mengetahui tentang bagaimana sopan santun terhadap orang tua, terbiasa melakukan kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah, dan tenaga pendidik yang berkompeten dan mampu menguasai pendidikan yang berkaitan dengan agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:54
Last Modified: 01 Dec 2020 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item