kinerja pegawai tata usaha dalam melaksanakan administrasi perkantoran di smp negeri 5 ponorogo

Sandy, Andre Faisal Ari (2020) kinerja pegawai tata usaha dalam melaksanakan administrasi perkantoran di smp negeri 5 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Andre Faisal Ary Sandi 211215011 siap uplod_compressed.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sandy, Andre Faisal Ari . 2020. Kinerja Pegawai Tata Usaha Dalam Melaksanakan Administrasi Perkantoran Di SMP Negeri 5 Ponorogo Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai Tata Usaha, Administrasi Perkantoran
Kinerja pegawai tata usaha adalah kegiatan pengadministrasian atau pengelolaan semua yang berkaiatan dengan kegiatan sekolah secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk mencapai tujuan sekolah sesuai dengan yang diinginkan. dengan adanya pengertian tersebut terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai tata usaha diantaranya adalah faktor individu, motivasi, lingkungan sosial, komunikasi, kompensasi, dan pengukuran kinerja pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kinerja Pegawai Tata Usaha Dalam Melaksanakan Administrasi Perkantoran Di SMP Negeri 5 Ponorogo, (2) Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Tata Usaha Dalam Melaksanakan Administrasi Perkantoran Di SMP Negeri 5 Ponorogo. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan datanya. Sedangkan Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Kinerja pegawai tata usaha dalam melaksanakan administrasi perkantoran berjalan dengan baik dan sesuai dengan standart yang ada yaitu sesuai dengan SOP dan tupoksi yang dimilikinya. Pegawai tata usaha selalu memanajemen waktu, sabar, disiplin, teliti dan jeli dalam mengerjakan pengarsipan, inventarisasi, pengelolaan dapodik, pengelolaaan siswa, pengelolaan keuangan dll (tugas yang diembannya). Untuk meningkatkan kinerjanya, pegawai tata usaha menunjang kerjanya dibidang adminustrasi dan ketatausahaan dengan mengikuti kursus, seminar dan diklat yang berkaitan dengan keprofesional tata usaha yang dilakukannya. Sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas kinerjanya. Selain itu pegawai tata uaha selalu terlibat aktif dalam melaksanakan kerjanya, (2) Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai tata usaha dalam melaksanakan administrasi perkantoran adalah adanya kemampuan, kedisiplinan, tanggung jawab dan motivasi yang dimiliki oleh pegawai, sistem, lingkungan serta sarana dan prasarana. Untuk menangani beberapa faktor penghambat yang dimiliki, pimpinan memiliki berbagai macam solusi dengan memberikan pembinaan pada pegawainya, memperbaiki lingkungan dengan menata ruang kantor serta membelikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kinerja pegawai secara bertahap sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan dan mendahulukan atau memprioritaskan yang menjadi prioritas pekerjaan kantor. Hal tersebut dapat terlaksana dengan baik tidak lepas dari kerja sama dengan semua pihak sekolah serta peran aktifnya semua pegawai dalam mengurangi faktor yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:02
Last Modified: 01 Dec 2020 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item