(FILE TIDAK MUNCUL)..Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match dan Motivasi Belajar Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Al-qur'an Hadits di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Pembelajaran 2019/2020

Indrianingtyas, Afifah (2020) (FILE TIDAK MUNCUL)..Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match dan Motivasi Belajar Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Al-qur'an Hadits di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Indrianingtyas, Afifah 2020. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match dan Motivasi Belajar terhadap Daya Ingat Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Pryla Rochmawati, M. Pd.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Index Card Match, Motivasi Belajar, Daya Ingat

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi guru ketika mengajar siswa kelas rendah diantaranya siswa tidak tenang di dalam kelas, siswa terlalu pasif, dan daya ingat siswa yang rendah. Faktor yang menjadi penyebabnya yaitu materi terlalu padat dan strategi pembelajaran yang tidak menarik. Permasalahan tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan salah satu strategi pembelajaran aktif Index Card Match.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif index card match dan motivasi belajar terhadap daya ingat siswa kelas II pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif yang bersifat eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, posttest dan angket. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh simpulan bahwa nilai signifikansi dari output SPSS Anova, diketahui nilai Sig adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif index card match (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap daya ingat (Y) siswa kelas II pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo tahun pembelajaran 2019/2010.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:03
Last Modified: 01 Dec 2020 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item