Kegiatan Ekstrakurikuler Formasi (Forum Amal Dan Studi Islam) Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa-Siswi SMAN 1 Maospati Magetan

Digdiono Putra, Arsy (2020) Kegiatan Ekstrakurikuler Formasi (Forum Amal Dan Studi Islam) Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa-Siswi SMAN 1 Maospati Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload Perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putra, Digdiono Arsy. 2020. Kegiatan Ekstrakurikuler Formasi (Forum Amal Dan Studi Islam) Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa-Siswi SMAN 1 Maospati Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Formasi dan Kepribadian Islami
Masalah kenakalan remaja seyogyanya mendapatkan perhatian dalam pendidikan yang serius dan terfokus untuk mengarahkan remaja ke arah pendidikan yang guna untuk membentuk kepribadian yang lebih positif, yang titik beratnya untuk terciptanya suatu sistem dalam menanggulangi kenakalan di kalangan remaja.
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi peserta didik. Dalam Pendidikan Agama Islam ini terdapat nilai-nilai keberagamaan seperti akhlak, moral, etika yang mana nilai-nilai tersebut dapat membentuk Kepribadian Islami peserta didik yang sesuai ajaran Agama Islam. Bentuk usaha yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan sikap kepribadian siswa adalah dengan memberikan suatu wadah kerohanian Islam, yaitu Ekstrakurikuler yang menjadi suatu kegiatan yang berbasis Agama.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, yang dilakukan di SMAN 1 Maospati Magetan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari para informan yang dianggap mengetahui terkait Kepribadian Islami siswa melalui Ekstrakurikuler Formasi. Informannya yaitu Guru PAI, pembina Formasi, ketua Formasi, anggota Formasi, dan salah satu siswa yang belum ikut Eskul Formasi. Tahap-tahap lapangan, tahap pra lapangan, tahap ketika di lapangan dan tahap pekerjaan lapangan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Secara umum pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Formasi yaitu majalah dinding, pesantren kilat pada bulan ramadhan, malam ibadah, kajian rutin mingguan (kajian ba’dha shalat jum’at dan pengajian umum malam jum’at bagi putra), dan pembacaan hadits setiap selesai shalat berjamaah. (2) Dampak kegiatan Esktrakurikuler Formasi dalam membentuk kepribadan siswa, diantaranya terdapat dampak secara langsung dan secara tidak langsung. (3) Kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler Formasi menjadi faktor pendukung terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa. Sulitnya anggaran sekolah maupun proposal pengajuan untuk kegiatan keagamaan di sekolah menjadikan penghambat dan berpengaruh terhadap proses berjalannya kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:09
Last Modified: 01 Dec 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item