pengaruh model pembelajaran tai (team assisted individualization) menggunakan media flash cards terhadap hasil belajar bahasa jawa pada siswa kelas 1 mi ma’arif singosaren ponorogo tahun pelajaran 2019/2020

Kurniawati, Windri (2020) pengaruh model pembelajaran tai (team assisted individualization) menggunakan media flash cards terhadap hasil belajar bahasa jawa pada siswa kelas 1 mi ma’arif singosaren ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616095_WINDRI KURNIAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurniawati, Windri 2020. Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Menggunakan Media Flash Cards Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Pada Siswa Kelas I MI Ma’arif Singosaren Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, TAI (Team Assisted Individualization,
Hasil Belajar

Banyak kekurangan atau permasalahan terkait pembelajaran bahasa Jawa, antara lain; siswa menganggap bahasa Jawa itu sulit sehingga tidak tertarik dan menyebabkan kehilangan semangat. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain; pelajaran yang menitikberatkan pada materi kognitif, alat peraga yang minim, kurangnya alokasi waktu dengan saratnya materi, model serta media pembelajaran yang tidak menarik. Permasalahan tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Team Assisted Individualization (TAI). Model tersebut menjadi lebi sempurna dengan menggunakan media Flash Cards..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan media flash cards dan perbedaan penggunaan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan media flash cards dengan penggunaan metode ceramah terhadap hasil belajar Bahasa Jawa Pada Siswa Kelas I MI Ma’arif Singosaren Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen, yaitu quasi eksperimen yang berupaya berupaya mengungkap hubungan sebab akibat dan perbandingan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh simpulan sebagai berikut; 1) Berdasarkan Uji paired sample t test, sebelum menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan media flash cards rata-rata hasil belajar siswa 58,00 dan setelahnya, rata-rata hasil belajar siswa berada pada angka 84,67. Artinya terdapat kenaikan rata hasil belajar siswa sebesar 26,67. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggu naan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan media flash cards pada pembelajaran Bahasa Jawa terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 26,67, 2) Berdasarkan Uji independent sample t test, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen berada pada angka 84,67 dan kelas kontrol 72,00. Artinya nilai siswa kelas eskperimen dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan media flash cards memiliki perbedaan, lebih tinggi dan mengalami peningkatan pada angka 12,67 dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah (tidak mendapat perlakuan khusus).

ABSTRACT

Kurniawati, Windri 2020. The Effect of the TAI (Team Assisted Individualization) Learning Model Using Flash Cards Media on the Learning Outcomes of Javanese in Class I Students MI Ma'arif Singosaren Ponorogo 2019/2020 Academic Year. Thesis of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Institute of the Islamic State of Ponorogo. Supervisor Lukman Hakim, M.Pd.

Keywords: Learning Model, TAI (Team Assisted Individualization,
Learning outcomes

Many deficiencies or problems related to learning Javanese, among others; students consider Javanese difficult so they are not interested and cause discouragement. Many factors are the cause, among others; lessons that focus on cognitive material, minimal teaching aids, lack of time allocation with the ladder of material, models and learning media that are not interesting. These problems can actually be overcome by using appropriate learning methods. One such learning model is Team Assisted Individualization (TAI). The model becomes more perfect by using Flash Cards media.
This study aims to determine the significant influence of the use of the TAI (Team Assisted Individualization) learning model using flash cards media and the difference in the use of the TAI (Team Assisted Individualization) learning model using flash cards with the use of lecture methods on the learning outcomes of Java Language in Class I MI Ma Students 'arif Singosaren Ponorogo 2019/2020 Academic Year.
This study uses a quantitative approach. This type of experimental research, namely quasi experiments that attempt to uncover the causal relationship and comparison between the experimental class that was treated with the control class that was not treated.
From the analysis conducted, the following conclusions are obtained; 1) Based on the paired sample t test, before using the TAI (Team Assisted Individualization) learning model using flash cards the average student learning outcomes were 58.00 and thereafter, the average student learning outcomes were at 84.67. This means that there is an average increase in student learning outcomes by 26.67. This shows that there is an influence of the use of the TAI (Team Assisted Individualization) learning with flash media on Javanese language learning on average student learning outcomes of 26.67, 2) Based on the independent sample t test, the average learning outcomes are obtained experimental class students are at number 84.67 and control class 72.00. This means that the value of students in the experimental class who use learning using the TAI (Team Assisted Individualization) learning model using flash cards has a difference and is higher and has an increase of 12.67 compared to the control class using the lecture method (not receiving special treatment).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:16
Last Modified: 01 Dec 2020 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item