Analisis Implementasi Pembelajaran Menggambar dalam Mata Pelajaran SBDP Berdasarkan Sudut Pandang Kurikulum 2013 di SDN 1 Surodikraman Ponorogo

Purwaningsih, Purwaningsih (2020) Analisis Implementasi Pembelajaran Menggambar dalam Mata Pelajaran SBDP Berdasarkan Sudut Pandang Kurikulum 2013 di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PURWANINGSIH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Purwaningsih. 2020. Analisis Implementasi Pembelajaran Menggambar Dalam Mata Pelajaran SBDP Berdasarkan Sudut Pandang Kurikulum 2013 Di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri,M.Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran Menggambar, SBDP, Kurikulum 2013
Pendidikan seni budaya pada dasarnya mampu menumbuhkan kreatif bagi anak. Dengan adanya pendidikan seni dapat menambah wawasan budaya terhadap peserta didik.Mata pelajaran seni bisa didapat di sekolah. Di sekolah pastinya semua materi seni sudah diterapkan ketika proses pembelajaran, akan tetapi peserta didik masih belum bisa menyerap materi seni dengan baik. Masih ada sebagian siswa yang belum bisa menerapkan kreatifitasnya dalam seni menggambar seperti peserta didik di minta menggambar kehidupan yang ada di laut, peserta didik hanya menggambar hewanya saja padahal di dasar laut tidak hanya ikan saja melainkan ada terumbu karang, bintang laut, dan ubur-ubur.Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang melibatkan peserta didik dalam menumbuhkan kreatifnyaketika proses pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti memilih SDN 1 Surodikraman Ponorogo sebagai tempat penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan kondisi implementasi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggambar dalam mata pelajaran SBdP berdasarkan sudut pandang Kurikulum 2013 serta mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menggambar dalam mata pelajaran SBdP berdasarkan sudut pandang Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah (A) Pada implementasi pembelajaran ini menyatakan bahwa peserta didik mampu mengeluarkan ide-ide menggambar pada saat pembelajaran berlangsung. (B) Pelaksanaan kegiatan menggambar dalam mata pelajaran SBDP di SDN 1 Surodikraman Ponorogo kurikulum yang dipakai sudah menggunakan kurikulum 2013. Penerapannya sudah dilakukan oleh peserta didik dengan pendekatan scientific 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomukasi. Kegiatan 5M mampu menumbuhkan kreativitas pada anak. Salah satunya dalam kegiatan menggambar ikan.(C) Evaluasi kegiatan menggambar dalam mata pelajaran SBDP di SDN 1 Surodikraman Ponorogo sudah dilakukan oleh pendidik berupa ulangan harian dan mengerjakan latihan soal. Pada penentuan nilai guru sudah menggunakan prinsip evaluasi yaitu belajar tuntas, penilaian penilaian autentik, berkesinambungan, teknik yang bervariasi, dan acuan kriteria.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:17
Last Modified: 01 Dec 2020 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item