penanaman karakter religius dan sikap sosial siswa melalui kegiatan tahlil pada hari jum'at (studi kasus di madrasah ibtidaiyah tarbiyatul muballighin prambon dagangan madiun )

Muawanah, Lia Rowiyatul (2020) penanaman karakter religius dan sikap sosial siswa melalui kegiatan tahlil pada hari jum'at (studi kasus di madrasah ibtidaiyah tarbiyatul muballighin prambon dagangan madiun ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload_219615130_lia Rawiyatul M.pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Muawanah, Lia Rowiyatul. Implementasi Tahlilan Pada Hari Jum'at Dalam Menanamkan Karakter Religius Dan Sikap Sosial Siswa melalui kegiatan Tahlil pada hari Jum'at (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. sutoyo, M. Ag.

Kata Kunci: Tahlilan, Karakter Religius, Sikap Sosial

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang penting bagi manusia dalam kehidupan. Pendidikan karakter hendaknya memiliki kualitas yang lebih baik kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap perilaku. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi yang semakin canggih begitu juga moralitas generasi muda yang dipertanyakan. Terkait hal tersebut Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun menerapkan kegiatan tahlil dalam rangka membentuk karakter religius dan sikap sosial siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui hasil penanaman karakter religius dan sikap sosial siswa melalui kegiatan Tahlil pada hari Jum'at di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun.
(2)Mendeskripsikan hasil penanaman karakter religius dan sikap sosial siswa melalui kegiatan Tahlil pada hari Jum'at Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat analitis deskriptif. Dalam pengumpulan data, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil penanaman karakter religius dan sikap sosial Siswa melalui kegiatan Tahlil pada hari Jum'at di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun antara lain ibadah/taat kepada Allah SWT, Sabar, Jujur, Pemaaf, Penyantun, Pemarah, Dendam, Takabur, Disiplin. Sikap religius siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun sudah cukup baik dari kegiatan keagamaan siswa melalui disiplin dalam sholat berjamaah di sekolah, dan selain itu siswa sabar dalam proses kegiatan tahlilan.
(2) Hasil penanaman karakter religius dan sikap sosial siswa melalui kegiatan Tahlil pada hari Jum'at di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun antara lain: Tanggung jawab, Peduli, Jujur, Percaya diri, Disiplin. Sikap sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun sudah cukup baik , sikap sosial itupub muncul ketika dalam membaca Al-Qur'an dengan disiplin yaitu dengan tepat waktu,tidak gaduh, dan di dalam proses pembelajaran di kelas saat ujian berlangsung siswa disiplin, jujur. Di sisi lain peneliti menemukan sikap siswa yang tidak baik semisal, ramai dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:14
Last Modified: 30 Nov 2020 07:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item