manajemen humas dalam meningkatkan citra pendidikan di sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo

nadhiroh, indah siti (2020) manajemen humas dalam meningkatkan citra pendidikan di sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESS skirpsi_MANAJEMEN_HUMAS_DALAM_MENINGKATKAN_CITRA_LEMBAGA_PENDIDIKAN_DI_SMK_PGRI_2_PONOROGO(_1_0ktober_-_REVISI_)[1].pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Indah Siti Nadhiroh, 2020. Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra dalam Lembaga Pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata kunci: Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra dalam Lembaga Pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini berawal dari permasalahan masih banyak lembaga pendidikan yang tidak ada berkembangan dengan baik karena tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, lembaga pendidikan seperti halnya lembaga pendidikan tidak mengabaikan kegiatan hubungn dengan masyarakat. Kegiatan humas mempunyai arti besar bagi warga sekolah karena dapat merangsang partisipasi aktif dan positif masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Menajemen humas dalam meningkatkan citra dalam lembaga pendidikan, (2) data tentang keberhasilan dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi SMK PGRI 2 Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sebagai teknik pengumpulan datanya dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen humas dalam meningkatkan pengelolaan pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo mempunyai empat fungsi manakemen humas, yaitu: (1) perencanaan: melihat pada program kegiatan tahun sebelumnya, mencari ide/inspirasi dari guru, karyawan dan juga
masyarakat eksternal, (2) pengorganisasian:menjadi dua sub pembantu tugas humas yakni Bidang BKK (Bursa Kerja Khusu) Dan Prakerin (Pratek Kerja Industri). (3) pelaksanaan: mencanangkan program-program itu sendiri yang melibatkan publik internal dan eksternal, misalnya kunjungan industri dan program PKL. (4) evaluasi: melakukan mengevalusi dengan cara tidak langsung dan secara langsung.
Keberhasilan manajemen humas untuk meningkatkan pengelolaan pendidikan dapat dilihat dari ketercapaian indikator yang ada di lapangan, yaitu (1) meningkatnya siswa-siswi, (2) meningkatnya kerjasama dengan masyarakat, (3) meningkatnya kerjasama dengan dunia industri, (4) meningkatnya kerjasama dengan orangtua, (4) meningkatnya kerjasama perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: fata asrofi yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:11
Last Modified: 30 Nov 2020 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item