Silvi Rahmawati, Silvi Rahmawati (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN) Penanaman Karakter Disiplin Melalui Pemberian Punishment Dan Reward Dalam Pembiasaan Hafalan Di MI Ma'arif Singosaren Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210616006_SILVI RAHMAWATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahmawati, Silvi. 2020. Penanaman Karakter Disiplin melalui Pemberian Punishment dan Reward dalam Pembiasaan Hafalan di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Jamaluddin Shiddiq, M.Pd.
Kata Kunci: Disiplin, Strategi Reward dan Punishment, Metode Pembiasaan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dan budaya. Karena pada saat ini persoalan karakter dan budaya sedang menjadi sorotan dan perhatian utama masyarakat. Maka dari itu pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pendidikan, salah satunya adalah karakter disiplin. Menanamkan karakter disiplin kepada peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai metode atau strategi contohnya dengan melalui pemberian punishment dan reward. Berangkat dari hal tersebut peneliti tertarik untuk mengangkat judul Penanaman Karakter Disiplin melalui Pemberian Punishment dan Reward dalam Pembiasaan Hafalan Di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan hafalan asmaul husna dan surat-surat pendek, (2) Penanaman karakter disiplin melalui pemberian punishment dan reward dalam kegiatan pembiasaan hafalan kelas bawah MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo, (3) Penanaman karakter disiplin melalui Pemberian punishment dan reward dalam kegiatan pembiasaan hafalan kelas atas MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan hafalan asmaul husna dilaksanakan setiap hari jam 07.00 – 07.20 sebelum masuk kelas dan memulai pembelajaran. (2)Untuk kelas bawah punishment yang diberlakukan hanya berupa teguran, sedangkan rewardnya berupa hadiah buku pada saat pembagian rapot. (3) Untuk kelas atas punishment yang diberikan masih tetap bersifat mendidik seperti membuang sampah ke tempat pembuangan, menyapu halaman atau mengulangi pembiasaan tersebut sekali lagi, sedangkan untuk rewardnya untuk kelas atas akan diseleksi dan yang paling baik dalam menghafal akan dipentaskan setiap akhir tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Jamaluddin Shiddiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 03:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 03:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11827 |
Actions (login required)
View Item |