Strategi Komunikasi UKM UKI Ulin Nuha Dalam Memotivasi Semangat Berorganisasi (Studi Kasus Kepengurusan Tahun 2019/2020)

Sumiati, Sumiati (2020) Strategi Komunikasi UKM UKI Ulin Nuha Dalam Memotivasi Semangat Berorganisasi (Studi Kasus Kepengurusan Tahun 2019/2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Sumiati UPLOAD.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

SUMIATI, 2020. Strategi Komunikasi UKM UKI Ulin Nuha dalam Memotivasi Semangat Berorganisasi. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Irma Rumtianing UH, M.SI.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Motivasi, Organisasi, UKM UKI Ulin Nuha
Komunikasi merupakan aktivitas mendasar bagi setiap orang. Kesuksesan dalam berkomunikasi ditentukan oleh caranya membangun komunikasi tersebut. Untuk mencapai target yang dituju, diperlukan strategi komunikasi yang baik. Seperti halnya memotivasi anggota dalam sebuah organisasi. Tanpa strategi yang baik, pesan yang disampaikan akan sulit untuk menjadi motivasi bagi anggota organisasi tersebut. Seperti UKM UKI Ulin Nuha yang merupakan organisasi yang cukup banyak diminati oleh mahasiswa IAIN Ponorogo dan merupakan satu-satunya organisasi yang berbasis keagamaan di IAIN Ponorogo. Dalam UKM UKI Ulin Nuha terdapat banyak program kerja yang dikembangkan oleh para pengurusnya. Seperti seni hadrah, olah vocal, kaligrafi, muhadharah, public speaking dan masih banyak kegiatan-kegiatan keagamaan yang lain. Dari banyaknya kegiatan yang ada, sehingga diperlukan strategi yang matang untuk memotivasi para anggota agar semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada.
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana program kerja yang dikembangkan oleh UKM UKI Ulin Nuha dan pola komunikasi yang digunakan dalam memotivasi anggota untuk mengikuti kegiatan program kerja yang ada di UKM UKI Ulin Nuha. Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan program kerja yang dikembangkan dan menjelaskan pola komunikasi yang digunakan dalam memotivasi anggota untuk mengikuti kegiatan program kerja yang ada pada UKM UKI Ulin Nuha. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat adalah dalam memotivasi para anggota agar semangat dalam mengikuti kegiatan, UKM UKI melakukan berbagai strategi, diantaranya melalui pola komunikasinya. Dimulai dari pengenalan khalayak atau anggota UKI sendiri, kemudian penyusunan pesan yang akan disampaikan. Adapun media yang digunakan dalam proses komunikasinya adalah media sosial WhatsApp dan Instagram. Selain itu juga dilakukan penyampaian secara langsung baik secara pribadi maupun pada saat musyawarah. Beberapa metode juga dilakukan seperti Redundancy (Repetition) yaitu dalam menyampaikan pesan berupa informasi atau pengumuman tentang kegiatan melalui media WhatsApp dilakukan secara berulang-ulang. Selain Redundancy, juga menerapkan metode informatif dan persuasif. Informatif dapat dilihat dari pesan-pesan yang disampaikan yaitu berisi informasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan di UKI. Sedangkan persuasif dapat dilihat dari penyusunan pesan yang bersifat mengajak atau membujuk para anggota agar tertarik terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing UH.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:43
Last Modified: 30 Nov 2020 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item