Uji Akurasi Arah Kiblat Masjid-Masjid Di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Menggunakan Teori Ras}d al-Qiblah Harian

Ni'mah, Ita Miftakhul (2020) Uji Akurasi Arah Kiblat Masjid-Masjid Di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Menggunakan Teori Ras}d al-Qiblah Harian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SkripsiPublis_ItaMiftakhulNi'mah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ni’mah, Ita Miftakhul, 2020, Uji Akurasi Arah Kiblat Masjid-Masjid Di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Menggunakan Teori Ras}d al-Qiblah Harian. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.

Kata kunci: Akurasi, Arah Kiblat, Ras}d al-Qiblah Harian

Manusia hidup hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satu bentuk ibadahnya adalah salat. Salat merupakan kewajiban bagi kaum muslim yang termasuk dalam rukun Islam. Akan tetapi dalam melakukan ibadah salat tidak lepas dari syarat sah salat yakni menghadap kiblat. Di era moderen ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa arah kiblat bagi orang yang berada di Madiun khususnya di Kecamatan Dolopa yakni arah barat. Ada sebagian masjid yang ada di Kecamatan Dolopo yang dirubah untuk arah kiblatnya karena di anggap kurang akurat. Akan tetapi ada juga masjid yang kurang akurat tetapi tidak berkenan untuk membenarkan arah kiblatnya. Karena kebanyak dari masyarakat yang kurang memahami tentang khazanah keIslaman terutama yang berkaitan tentang arah kiblat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode penentuan arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun ditinjau menggunakan teori ras}d al-qiblah harian? (2) Bagaimana akurasi arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun ditinjau menggunakan teori ras}d al-qiblah harian?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan taknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi terlibat dan interview. Analisis yang digunakan dengan menggunakan metode pendekatan empirik yang menggunakan teori-teori sosial yang peneliti gunakan selama melakukan observasi.

Dari hasil penelitian, telah diketahui bahwa dari kedelapan sampel masjid yang dijadikan penelitian, yang menggunakan metode ras}d al-qiblah harian hanya ada satu masjid yakni masjid An-nur Suluk. Adapun untuk ketujuh masjid lainnya belum menggunkan metode ras}d al-qiblah harian akan tetapi menggunakan kompas kiblat, mizwah qiblah finder, rasd al-qiblah global. perkiraan, ilmu nujum dan bencet. hal ini ternyata juga berpengaruh terhadap hasil uji akurasi dengan ras}d al-qiblah harian, dimana dari kedelapan masjid hanya terdapat satu masjid yang tidak terdapat deviasi sama sekali arah kiblat masjid dengan arah kiblat hasil dari penelitian menggunakan ras}d al-qiblah harian. Sedangkan ketujuh masjid lainnya masih terdapat deviasi arah kiblat masjid dengan arah kiblat hasil dari penelitian menggunakan ras}d al-qiblah harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:36
Last Modified: 30 Nov 2020 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item