Manajemenen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo)

Afi Tamam, Muhammad (2020) Manajemenen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216027 MUHAMMAD AFI TAMAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afi Tamam, Muhammad. 2020. Manajemen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karaker Peduli Lingkungan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, M.M.
Kata Kunci: Manajemen, Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan
Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang dianggap masyarakat sebagai salah satu lembaga percontohan dalam hal pembentukan karakter peduli siswa terhadap lingkungan. Oleh karenanya di SMK Negeri 1 Jenangan membentuk suatu program Adiwiyata untuk membentuk karakter peduli siswa. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2009. Dan sudah mendapatkan penghargaan sekolah adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2012.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (3) Mendeskripsikan dampak program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipakai dalam analisis data adalah kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan sementara.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo sudah dimulai sejak tahun 2009 akan tetapi baru diimplementasikan pada tahun 2012. Perencanaan program ini dilatar belakangi oleh kasus banjir yang terjadi di kota Ponorogo, dengan adanya program Adiwiyata di sekolah diharapkan siswa dapat menggandeng masyarakat lingkungan rumahnya untuk peduli terhadap lingkungan. Program yang dilakukan di antaranya program Jumat Bersih, pengelolaan lingkungan hidup dengan memproduksi teknologi tepat guna dan ramah lingkungan, pemanfaatan composter multi drum, dll. Semua stakeholder sekolah terlibat dalam program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo di antaranya kebijakan kepala sekolah dalam mengawal terciptanya lingkungan bersih, adanya kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbagai lingkungan hidup, dll. Sedangkan faktor penghambat program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo di antaranya alokasi dana yang dibatasi oleh anggaran sekolah, mentalitas warga sekolah yang belum bersifat sadar lingkungan, tanggung jawab serta pengetahuan warga sekolah kurang meluas mengenai program adiwiyata. Faktor penghambat itu dapat diatasi dengan menerapkan kurikulum berbasis lingkungan hidup, dukungan penuh dari kepala sekolah tentang program adiwiyata, adanya ekstra lingkungan hidup, guru dan siswa peduli serta melindungi lingkungan sekolah dan menjaga kebersihannya. (3) Dampak program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo sangat besar terhadap lingkungan sekolah, di antaranya peduli lingkungan bagi semua warga sekolah, meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif, mendapat penghargaan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten ponorogo kemudian provinsi jawa timur serta tingkat nasional, tercipta kebersamaan bagi semua warga sekolah, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi, meni ngkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah, anak-anak bisa mengelola sampah dengan baik dan benar. Sedangkan dampak negatifnya dilakukan dengan mempertahankan serta mengembangkan dampak atau keuntungan baik/positif yang terlihat, serta menilai perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIS NURBAWANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:39
Last Modified: 30 Nov 2020 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11814

Actions (login required)

View Item View Item