(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG) Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Hasi Belajar Pada Pembelajaran Membuat Teks Wawancara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Febriyanti, Dwi Aning (2020) (FILE KOSONG, UPLOAD ULANG) Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Hasi Belajar Pada Pembelajaran Membuat Teks Wawancara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriyanti, Dwi Aning.2020. Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Membuat Teks Wawancara bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skipsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M.Pd
Kata Kunci: PermainanIce Breaking, Hasil dan Teks Wawancara.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semangat siswa yang kurang semangat dalam belajar yang dimana masih banyak anak-anak yang kurang fokus ketika guru sedang menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Siswa-siswa masih banyak yang mengobrol pada saat mengikuti pembelajaran sehingga menyebabkan kurang memperhatikan mata pelajaran tersebut, kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi juga menjadi salah satu faktor siswa merasa bosan dan cenderung mengantuk di kelas. Adapun faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, seperti pada saat pembelajaran di kelas kondisi kelas tidak kondusif, siswa ramai sendiri dan sibuk dengan teman lainnya yang tidak ada manfaatnya. Siswa yang tidak mencapai nilai di atas KKM yang menggambarkan pembelajaran bahasa Indonesia masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari permainan ice breaking pada pembelajaran membuat teks wawancara bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Joresan Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Joresan Ponorogo, Yang dimana peneliti membandingkan nilai hasil belajar siswa pada soal pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini menggunakan purpisive random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pre-test dan post-test.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap uji “t” berdasaarkan dari hasil pengujian uji “t” yang dilakukan, diperoleh thitung = 2,36 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,99. Dengan demikian thitung> ttabel (2,36 > 1,99) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan ice breaking terhadap hasil belajar pada pembelajaran membuat teks wawancara bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Joresan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:05
Last Modified: 30 Nov 2020 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item