Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Keaktifan Belalajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII MM di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Rohmawati, Nikmatul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Keaktifan Belalajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII MM di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210315097_NIKMATUL ROHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak melalui kegiatan belajar. Di sekolah, hasil belajar cenderung ditunjukkan dari nilai penguasaan aspek ranah kognitif pelajaran yang ditempuh. Berdasarkan hasil penelitian di SMKN 1 Ponorogo, sekolah ini sudah menerapkan kurikulum 2013. Ada 4 model pembelajaran tetapi, discovery learning dan inquiri adalah model pembelajaran yang sering di gunakan. Namun saat guru menerapkan model tersebut masih ada siswa yang kurang aktif dalam belajar. Seperti mengobrol dengan temannya, acuh terhadap penjelasan guru dan kurangnya rassa ingin tahu siswa. Bahkan ada yang mengerjakan pr mata pelajaran lain saat mata pelajaran PAI berlangsung. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa kelas XII MM yang sangat beragam dan tidak selalu memuaskan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuan adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XII MM di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 69 responden dan dijadikan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda, intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi nilai Ulangan Harian.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) ada pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar PAI di SMKN 1 Ponorogo dengan prosentase sebesar 12,7%. (2) ada Pengaruh keaktifan belajar terhadap Hasil Belajar PAI di SMKN 1 Ponorogo dengan prosentase 22%.. (3) ada Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan keaktifan belajar (X1X2) terhadap Hasil Belajar PAI (Y) kelas XII MM di SMKN 1 Ponorogo. Dari perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung (9,342) ≥ Ftabel (3,99) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti model pembelajaran discovery learning dan keaktifan belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar PAI kelas XII MM di SMKN 1 Ponorogo sebesar 22,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:28
Last Modified: 30 Nov 2020 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item