(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) upaya guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik di mi ma'arif setono kecamatan jenangan kabupaten ponorogo

Nilawati S, Nur Hakiki (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) upaya guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik di mi ma'arif setono kecamatan jenangan kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIII NEW.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sugito, Nur Hakiki Nilawati 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.SI.
Kata Kunci: Upaya Guru, Pengembangan, Bahan Ajar Tematik
Bahan ajar atau buku ajar (buku teks) merupakan media pengajaran berbasis cetak yang paling umum. Berdasarkan kurikulum yang ada maka bahan ajar yang digunakan di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah adalah bahan ajar yang berbasis tematik yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran yang ada ke dalam berbagai tema. Agar seuai dengan kondisi sekolah dan mendukung kompetensi-kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa, guru diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 (K-13), keterbatasan bahan ajar Tematik, upaya guru dalam mengatasi keterbatasan bahan ajar Tematik dan upaya guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang ada, terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah/ keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar mengungkapkan/memaparkan fakta.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh simpulan sebagai berikut; 1) Kurikulum 2013 (K-13) telah diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Setono dilakukan secara bertahap.dimulai dari kelas 1 dan 4 tahun ajaran 2017-2018, kelas 2 dan 5 tahun ajaran 2018-2019 serta kelas 3 dan 6 tahun ajaran 92019-2020. 2) Keterbatasan bahan ajar tematik terjadi dikarenakan buku/bahan ajar (LKS) tidak selalu tersedia tepat waktu dari penerbit, materi pelajaran terlampau banyak; satu tema memuat beberapa materi dengan waktu penyajian terbatas. 3) Upaya guru dalam mengatasi keterbatasan bahan ajar tematik dengan memfoto kopi/membeli sendiri bahan ajar, menggunakan buku paket lain dan melakukan browsing (pencarian) di internet. 4) Upaya guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik dengan menggunakan model pembelajaran lain, mencari berbagai referensi dari buku/sumber lain, menyediakan alat bantu/peraga yang mendukung pembelajaran dan berusaha memberikan penjelasan yang mudah dipahami siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:02
Last Modified: 30 Nov 2020 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item View Item