Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Paket Data (Analisis Marketing Mix di Naura Cell Ponorogo)

utari, tri (2020) Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Paket Data (Analisis Marketing Mix di Naura Cell Ponorogo). Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Paket Data (Analisis Marketing Mix di Naura Cell Ponorogo).

[img]
Preview
Text
TRI UTARI UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tri Utari, 2020, Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penjualan Paket Data(AnalisisMarketing Mix Di Naura Cell Ponorogo). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Unun Roudlotul Janah, M. Ag.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran
​Strategi produk yang dilakukan untuk mengembangkan produk meliputi, merek, kemasan, pemberian label, pelayanan, dan jaminan (garansi). Harga (price) adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang atau jasa. Menjadi masalah jika penentuan harga hanya sedikit di atas harga modul. Hal tersebut yang dilakukan oleh Naura Cell. Selain itu, Naura Cell juga tidak memberi label masa aktif pada produknya, sehingga banyak konsumen yang terkecoh dengan harga murah.Berdasarkan pada kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis tentang: 1) bagaimana marketing mix yang diterapkan oleh Naura Cell dalam peningkatan penjualan paket datanya, dan 2) dampak dari penerapan marketing mix tersebut.
Dalam penelitian ini Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Naura Cell Jl. Batoro Katong Ponorogo. Kemudian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah pihak Naura Cell, termasuk pemilik hingga stafnya dan beberapa orang konsumen. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode induktif.
Setelah dilakukan penelitian, peneliti menemukan dan menyimpulkan data berupa: 1) Strategi peningkatan penjualan paket data yang dilakukan oleh Naura Cell meliputi empat hal, yakni strategi produk, strategi harga, promosi, dan lokasi atau distribusi. Strategi produk yang digunakan adalah variasi dari harga murah hingga ke mahal untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen. Strategi harga yang dipakai Naura Cell merupakan harga yang sudah ditentukan berdasarkan tiga hal, yakni daya beli masyarakat, harga modul produk, dan harga pasaran. Untuk promosi, yang dilakukan Naura Cell adalah memposting promo ke media sosial dan promosi dari mulut ke mulut. Untuk distribusi atau lokasi, Naura Cell sudah berdiri agak lama ditambah alamatnya yang berada di pinggir jalan kota membuat Naura Cell semakin strategis; 2) Dampak dari penarapan bauran pemasaran dan atau marketing mix ini sudha signifikan. Hal tersebut terbukti dengan naiknya omzet penjualan bila dibandingkan quartal pertama di tahun 2020 yang hanya pada kisaran belasan juta., namun pada laporan tiga bulan terakhir sudah meroket di atas dua puluh jutaan

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:00
Last Modified: 30 Nov 2020 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item