(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG) Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Dewi Mangesti, Fransisca (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG) Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKKRIPSI__211116003_FRANSISCA DEWI MANGESTI....pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Mangesti, Fransisca. Dewi. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan
Berbahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata kunci: Peran Orang Tua, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini
Kemampuan berbahasa adalah kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikirannya
dalam bentuk ungkapan kata dan kalimat yang bermakna, logis, dan sistematis yang dimiliki oleh anak usi dini. Secara sederhana, kemampuan berbahasa dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berbicara dan berinteraksi dengan teman serta lingkungannya.
Kemampuan berbahasa terbagi dalam tiga lingkup perkembangan yang tercantum dalam
Permendikbud No. 137 Tahun 2014, yaitu memahami bahasa, mengungkapkan bahasa,
keaksaraan. Sebagai bekal untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, maka kemampuan berbahasa anak usia dini harus dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan demikian kemampuan berbahasa anak dapat berkembang. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di TK Muslimat NU 001 Ponorogo masih ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam hal
mengungkapkann bahasa, seperti anak belum bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik
dan benar, hanya bisa menggunakan bahasa Inggris dan anak masih terlihat cedal dalam
mengungkapkan kata.
Tujuan penelitian ini adalah(1) untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai
pembimbing dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Muslimat NU
001 Ponorogo; dan (2) untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pendidik dalam
mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi khasus.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, waktu dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifiksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran orang tua sebagai pembimbing dalam
mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo
adalah dengan mengajaknya bicara, bermain, bercerita tanya jawab, mengajarkan bermain kartu bergambar, buku cerita, bernyanyi, berhitung., memberikan pujian, berkomunikasi, melatih senam lidah, mendengarkan cerita, memberikan contoh ucapan yang baik, membaca, bermain peran.Berkaitan dengan penelitian tentang peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini, diperoleh data kemampuan berbahasa anak di TK Muslimat MNU 001 Ponorogo melalui kegiatan wawancara tertutup secara sampling terhadap 4 orang wali murid yakni 1 orang sudah mampu berbahasa dengan baik, 1 orang masih cedal, dan 2 orang lainnya masih belum mampu berbicara. (2) peran orang tua sebagai pendidik dalam mengembangkan kemampuan
berbahasa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo adallah sebagai berikut: Mengikutkan bimbingan belajar, mengajarkan menyapa temanya, menyediakan audio visual., tebak kata, mengajarkan mengucap salam, mengajak berkomunikasi ketika memakaikan pakaian, menyebutkan nama-nama benda
di sekitar , menghafal huruf abjad, mengajarkan nama-nama hewan beserta bunyi, membiasakan membaca nama-nama benda di dapur, memberikan dasar pendidikan, keterampilan dasar, kasih sayang, rasa aman, dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada anak, memberikan bantuan anak, dukungan atau motivasi, dan informasi tentang cara belajar yang baik dan tepat.dengan adanya orang tua sebagai pendidik anak lebih mengerti bahasa, lebih percaya diri
dan banyak menguasai bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:56
Last Modified: 30 Nov 2020 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item