persepsi dan sikap guru terhadap proses akreditasi di mi ma'arif patihan wetan ponorogo

Sari, Novita (2020) persepsi dan sikap guru terhadap proses akreditasi di mi ma'arif patihan wetan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVITA SARI 210616039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Novita. 2020. Persepsi dan Sikap Guru Terhadap Proses Akreditasi di MI Ma’arif Patihan Wetan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Bapak Nur Kolis, Ph.D.

Kata Kunci: Persepsi Guru, Sikap Guru, Proses Akreditasi
Berbagai upaya lembaga untuk meningkatkan pendidikan dengan mengadakan evaluasi namun masih banyak lembaga pendidikan kurang mengetahui makna evaluasi tersebut sehingga peneliti tertarik ingin mengupas pemahaman dan sikap guru dengan adanya evaluasi terhadap lembaganya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru, mengetahui sikap guru dan mengetahui dampak persepsi dan sikap guru terhadap proses akreditasi di MI Ma’arif Patihan Wetan Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Patihan Wetan Ponorogo dengan subyek guru yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan proses akreditasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan teknik mengumpulkan kemudian memilah data, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa guru mempersepsikan dan memandang akreditasi sudah cukup baik dilihat dari apa arti proses akreditasi adapun persepsi negatif muncul dari guru yaitu kurang pahamnya apa saja yang perlu dipersiapkan proses akreditasi serta siapa yang terlibat dalam menilai proses akreditasi. Sikap guru terhadap proses akreditasi sudah cukup baik terlihat dari sikap guru yang maksimal menyiapkan proses akreditasi hingga jam diluar jam kerja guru baik guru tim khusus maupun bukan termasuk tim khusus. Dampak diadakannya proses akreditasi dampak positifnya antara lain bagi madrasah atau lembaga akan munculnya inovasi baru yang berguna bagi madrasah maupun bagi guru. Sedangkan dampak negatifnya yaitu dalam bidang pembiayaan, ruangan khusus akreditasi yang kurang sehingga menggunakan ruang kelas 6, adapun dampak lain yang sangat berpengaruh yaitu singkronisai data akreditasi dari data pembelajaran dan data program sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:36
Last Modified: 27 Nov 2020 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item