Penerapan Riyāḍhah dalam Peningkatan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun

Izzah, Intan Fardiana Hasyasyatul (2020) Penerapan Riyāḍhah dalam Peningkatan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
INTAN FARDIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Izzah, Intan Fardiana Hasyasyatul. 2020. Penerapan Riyāḍhah dalam Peningkatan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata kunci: Riyāḍhah, Akhlak
Dekadensi moral tidak hanya melanda para pejabat pemerintah, tetapi juga para remaja yang menjadi penerus perjuangan bangsa. Untuk mengatasi dekadensi moral yang ada pada saat ini, membutuhkan usaha dan dukungan dari semua pihak, baik dari orangtua, pemerintah, lembaga pendidikan dan seluruh elemen masyarakat. Dalam penanganan moral atau akhlak membutuhkan waktu yang panjang dan berkelanjutan serta keistiqomahan dalam membimbing peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merubah akhlak seseorang yakni melalui penerapan riyāḍhah yang dijadikan sebagai pusat perubahan perilaku yang kurang baik untuk diarahkan menjadi perilaku yang baik. Seperti halnya yang diterapkan di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan, yakni puasa dan dzikir. Dengan penerapan riyāḍhah ini para santri dapat melatih dan membiasakan diri melakukan hal-hal terpuji sehingga dapat meningkatkan kualitas akhlak santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan bentuk riyāḍhah yang diterapkan di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun, (2) menjelaskan pelaksanaan ritual riyāḍhah di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun, (3) menjelaskan dampak penerapan riyāḍhah dalam peningkatan akhlak santri di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah: (1) Bentuk riyāḍhah yang diterapkan di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan Kedondong Kebonsari Madiun salah satunya adalah puasa dan dzikir. (2) Sebelum pelaksanaan ritual riyāḍhah, santri diberi ijazah oleh pengasuh terkait amalan-amalannya. Kemudian santri melakukan puasa sesuai kemampuan masing-masing dan terkait prosesnya pengasuh dan pengurus senantiasa mengawasi santri. Sementara untuk dzikir, pengurus mengkoordinasi santri agar selalu tertib dalam pelaksanaannya. (3) Dampak dari penerapan riyāḍhah tersebut menjadikan para santri dekat dengan Allah serta menjadikan santri lebih disiplin dalam segala keadaan, melatih kesabaran dan kemandirian santri, bertambahnya rasa sopan baik kepada pengasuh, pengurus, dan ustadz/ustadzah, dan sesama santri serta mempengaruhi pola pikir santri agar selalu positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:17
Last Modified: 27 Nov 2020 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item