Implementasi Pendekatan Saintifik Learning Dengan Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo

Wiguno, Megaria Ariyanti (2020) Implementasi Pendekatan Saintifik Learning Dengan Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi dikirim perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wiguno, Megaria Ariyanti 2020. Implementasi Pendekatan Saintifik Learning Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN). Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik Learning, model pembelajaran SAVI, Matematika, Hasil Belajar
Pada pembelajaran mata pelajaran Matematika kelas V di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo proses pembelajarannya berjalan monoton dan konvensional pembelajarannya masih berpusat pada guru hal ini membuat siswa menjadi kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran matematika dan siswa merasa takut dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar mata pelajaran matematika masih rendah. Dengan demikian diperlukannya perubahan pada proses pembelajaran matematika dengan semenarik mungkin dengan menerapkan pendekatan Saintifik learning dengan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Saintifik learning dengan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Tarbiyatul Islam kertosari Ponorogo dapat meningkatkan hasil belajar. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan Saintifik learning dengan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Tarbiyatul Islam kertosari Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data hasil belajar siklus I hasil belajar siswa meningkat mencapai 85,71% sebanyak 24 siswa mendapat hasil belajar diatas KKM sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 100% diantara 28 siswa mendapatkan hasil belajar tuntas diatas nilai KKM. dari penelitian yang telah dilakukan bahwa implementasi pendakatan Saintifik Learning dengan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:18
Last Modified: 27 Nov 2020 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item View Item