Tinjauan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Bisnis Multi Level Marketing PT Janitra Jaya Mulia Stokis Imogen Madiun

Handayani, Rita (2020) Tinjauan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Bisnis Multi Level Marketing PT Janitra Jaya Mulia Stokis Imogen Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD PERPUS SKRIPSI RITA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Handayani, Rita, 2020. Tinjauan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Bisnis Multi Level Marketing PT Janitra Jaya Mulia Stokis Imogen Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata Kunci : Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah
Fatwa DSN MUI adalah fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan aktivitas keuangan syariah. Salah satu fatwa yang mengatur tentang bisnis Multi Level Marketing adalah Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. Bisnis Multi Level Marketing adalah sebuah sistem pemasaran modern melalui jaringan distribusi yang dibangun secara permanen dengan memposisikan pelanggan perusahaan sekaligus sebagai tenaga pemasaran. PT Janitra Jaya Mulia merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing. Dalam sistem bisnisnya perusahaan tidak menetapkan harga penjualan secara ecer dan agen menentukan sendiri, serta sistem pembinaan yang tidak dikaitkan dengan bonus karena bonus keluar dari perkembangan jaringan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah terhadap sistem penetapan harga produk secara ecer dalam bisnis Multi Level Marketing PT Janitra Jaya Mulia Stokis Imogen Madiun? (2) Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah terhadap sistem pembinaan dalam bisnis Multi Level Marketing PT Janitra Jaya Mulia Stokis Imogen Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dengan proses berfikir dar fakta empiris di lapangan kemudian dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan permasalahan yang diteliti.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem penetapan harga secara ecer Stokis Imogen Madiun sudah sesuai dengan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang PLBS poin 5 yang berbunyi “bahwa tidak boleh ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan.” Sedangkan mengenai sistem pembinaan yang tidak berkaitan dengan pencairan bonus, sudah sesuai dengan Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 Tentang PLBS poin 11 yang berbunyi “setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan.”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:12
Last Modified: 27 Nov 2020 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item