peningkatan minat dan hasil belajar bahasa arab melalui metode bernyanyi dengan alat bantu bola warna di sd 3 bungkal ponorogo

Yuliana, Tatik (2020) peningkatan minat dan hasil belajar bahasa arab melalui metode bernyanyi dengan alat bantu bola warna di sd 3 bungkal ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TATIKYULIANA(210616219) .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yuliana, Tatik, 2020, Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Arab
Melalui Metode Bernyanyi Dengan Alat Bantu Bola Warna Di SD 3 Bungkal
Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Metode Bernyanyi, Bahasa Arab
Diketahui di SD Muhammadiyah 3 Bungkal Ponorogo terdapat masalah
terhadap minat dan hasil belajar siswa pelajaran bahasa Arab, hal ini dibuktikan
dengan hasil belajar siswa yang berada dibawah rata-rata dan masih dibawah
pelajaran yang lain, maka dari itu peneliti mengadakan penelitian bertujuan untuk:
(1) Mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dengan
menggunakanalatbantubolawarnadiSDMuhammadiyah3BungkalPonorogo
(2) Mengetahui pengaruh metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu bola
warna sebagai upaya meningkatkan minat belajar bahasa Arab kelas II di SD
Muhammadiyah Bungkal Ponorogo (3) Mengetahui Pengaruh penerapan metode
bernyanyi dengan menggunakan alat bantu bola warna sebagai upaya
mengingkatkan hasil belajar bahasa Arab di SD Muhammadiyah 3 Bungkal
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu dengan melakukan
pengamatan terhadap guru dan aktivitas belajar siswa. Kemudian peneliti juga
melakukan wawancara terhadap guru mapel bahasa Arab mengenai pelaksanaan
pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 3 Bungkal Ponorogo. Peneliti
juga melakukan tes untuk mengukur kemampuan siswa, kemudian peneliti juga
melakukan dokumentasi sebagai alat dalam mengkaji dokumen yang digunakan
untuk mendukung data penelitian.
Dari penelitian ditemukan bahwa (1) penerapan metode bernyanyi dengan
menggunakan alat bantu bola warna di SD Muhammadiyah 3 Bungkal ini cocok
digunakan di pelajaran bahasa Arab. (2) Dengan menggunakan metode bernyanyi
dengan alat bantu bola warna dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal
tersebut dapat dibuktikan dengan hasil kuisioner siswa dan hasil dari siklus 1 yang
mencapai 78,85%. (3) Dengan menggunakan metode bernyanyi dengan alat bantu
bola warna dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dibuktikan
dengan hasil siklus 2 dengan hasil mencapai94,75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:08
Last Modified: 26 Nov 2020 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item