Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo.

Nur Tri Astuti, Refi (2020) Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Refi nurtri A.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Astuti, Refi Nur Tri. 2020. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI.
Kata Kunci: Penginderaan, Informasi, Perhatian.
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo untuk menabung di Bank Syariah karena sebagian besar belum mengetahui tentang bank syariah. Persepsi adalah anggapan langsung atas sesuatu, persepsi atau pandangan seseorang terhadap sesuatu dihasilkan dari informasi yang mereka dapatkan, hasil informasi tersebut dipahami selanjutnya konsumen akan menarik kesimpulan sehingga menciptakan sebuah penilaian terhadap sesuatu tersebut. Pengetahuan masyarakat tentang bank syariah akan didapatkan salah satunya dengan melihat melalui media massa. Adapun permasalahan yang ditemui dilapangan adalah persepsi dan pengetahuan pada masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo tentang bank syariah baik tetapi minat menabung pada masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah persepsi mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada Masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo? (2) Apakah pengetahuan mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo? (3) Apakah persepsi dan pengetahuan secara bersama-sama mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunkan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Sedangkan pengumpulan data peneliti menggunakan angket (kuesioner). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan probality sampling, dengan menggunakan teknik sampel proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini 37029 penduduk. Kecamatan Mlarak Ponorogo, Sampel yang digunakan 100 penduduk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,037 < 0,05 pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 (3) Secara simultan persepsi dan pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sebab kurangnya minat masyarakat menabung di bank syariah yaitu, kurangnya pemahaman dan informasi, solusinya dengan meningkatkan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:48
Last Modified: 26 Nov 2020 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item