Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Penyaluran Pembiayaan melalui Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2017-2019)

Pratami, Felindila (2020) Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Penyaluran Pembiayaan melalui Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2017-2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Felindila p.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratami, Felindila. 2020. Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Penyaluran Pembiayaan melalui Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2017-2019). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI
Kata Kunci : Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara teori dengan fakta yang ada. Faktanya dalam penelitian ini inflasi menurun tetapi pembiayaan pun ikut turun, suku bunga naik tetapi pembiayaan juga turun, dan nilai tukar turun namun pembiayaan turun. Sehingga peneliti melakukan penelitian karena faktanya bertentangan dengan teori yang ada maka dapat dikatakan dalam penelitian ini terjadi masalah. Sehingga dirumuskan masalah bagaimana pengaruh inflasi terhadap pembiayaan, pengaruh suku bunga terhadap pembiayaan, pengaruh nilai tukar terhadap pembiayaan, pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan. Bagaimana pengaruh inflasi terhadap dana pihak ketiga, suku bunga terhadap dana pihak ketiga, nilai tukar terhadap dana pihak ketiga. Bagaimana pengaruh inflasi, suku bunga dan nilai tukar secara simultan. Apakah dana pihak ketiga dapat memediasi antara inflasi, suku bunga, dan nilai tukar terhadap pembiayaan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel penelitian data bulanan seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2019 yang diambil dari Bank Indonesia dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan. Nilai tukar dan dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan. Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga. Suku bunga dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga. Inflasi, suku bunga dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga secara simultan. Dana pihak ketiga dapat memediasi antara inflasi dengan pembiayaan. Dana pihak ketiga tidak dapat memediasi antara suku bunga dan nilai tukar dengan pembiayaan. Penyebab dari menurunnya pembiayaan disebabkan oleh berbagai faktor dari luar bank sehingga beberapa ekonomi makro tidak mempengaruhi pembiayaan. Pengaruh tersebut mengindikasi bahwa meningkatnya dana yang dihimpun Bank Syariah dari masyarakat belum tentu digunakan untuk meningkatkan porsi pembiayaan yang diberikan, ada kemungkinan bahwa bank terarik untuk menanamkan dananya pada instrumen keuangan lainnya, jadi pembiayaan tidak ikut naik. Dengan menyalurkan dananya pada instrumen keuangan tersebut dapat dikatakan bahwa bank memperoleh keuntungan dengan resiko rendah atau bahkan tanpa resiko. Solusi agar tidak terjadi penurunan kembali penyaluran pembiayaan yaitu bank diharapkan mampu menarik minat nasabah dengan produk unggulan dari funding agar dapat meningkatkan dana pihak ketiga sehingga penyaluran pembiayaan yang dilakukan juga meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:39
Last Modified: 26 Nov 2020 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item