Pengaruh Gaji dan Jam Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan UD. Hasby Mlarak dengan Kompensasi sebagai variabel intervening

Satriani, Rima Devi (2020) Pengaruh Gaji dan Jam Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan UD. Hasby Mlarak dengan Kompensasi sebagai variabel intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716076_RIMA DEVI SATRIANI_e tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Satriani, Rima Devi. Pengaruh Gaji dan Jam Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan UD. Hasby Mlarak dengan Kompensasi sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata Kunci: Upah, Waktu Produksi, Imbalan, Sikap Terhadap Pekerjaan

Agar mampu bersaing dengan perusahaan lain, sebuah perusahaan harus mempertahankan kepuasan kerja karyawannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan diantaranya faktor gaji dan jam kerja. Faktor lainnya yaitu kompensasi, merupakan kontra prestasi terhadap penggunaan tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga kerja. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menjaga besaran kompensasi yang diberikan kepada karyawan sehingga menghasilkan kepuasan kerja karyawan.
Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaji terhadap kompensasi kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (2) Pengaruh jam kerja terhadap kompensasi kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (3) Pengaruh gaji terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (4) Pengaruh jam kerja terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (5) Pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (6) Pengaruh gaji terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak dengan kompensasi sebagai variabel intervening. (7) Pengaruh jam kerja terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak dengan kompensasi sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengukuran berbantuan software SPSS 21.0 for windows, menggunakan metode pengambilan Proportionate Stratified Random Sampling serta dalam penentuan jumlah responden menggunakan rumus Slovin diperoleh hasil sebanyak 62 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompensasi kerja di UD. Hasby Mlarak. (2) Jam kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompensasi kerja di UD. Hasby Mlarak. (3) Gaji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (4) Jam kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja di UD. Hasby Mlarak. (5) Kompensasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UD. Hasby Mlarak. (6) Kompensasi dapat menjadi perantara dalam pengaruh gaji terhadap kepuasan kerja karyawan. (7) Kompensasi dapat menjadi perantara dalam pengaruh jam kerja terhadap kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:38
Last Modified: 26 Nov 2020 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item