Pengaruh Pengetahuan, Risiko dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun)

Nurhayati, Novera Dwi (2020) Pengaruh Pengetahuan, Risiko dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurhayati, Novera Dwi. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Risiko dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Maulida Nurhidayati, M.Si.

Kata Kunci: Fasilitas, Teknologi Informasi, Persepsi

Menurut Bank Indonesia, internet banking merupakan salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Minat nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun untuk menggunakan internet banking kurang karena sebagian besar belum mengetahui tentang internet banking. Nasabah lebih tertarik pada mobile BRIS atau BRIS Online daripada internet banking. Risiko yang tinggi dan rumit menjadi alasan nasabah tidak menggunakan fasilitas yang ada. Berdasarkan masalah tersebut penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, risiko, kemudahan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun dengan sampel sejumlah 97 orang. Variabel pada penelitian ini terdiri dari pengetahuan (X1), risiko (X2), kemudahan (X3) sebagai variabel independen dan minat nasabah (Y) sebagai variabel dependen. Analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Variabel risiko tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun, serta variabel pengetahuan, risiko dan kemudahan berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Hasil ini menunjukkan bahwa Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun dapat memulai untuk meningkatkan kemudahan penggunaan serta memperkecil risiko yang mungkin terjadi dalam penggunaan internet banking. Selain itu pemberian pengetahuan kepada nasabah juga penting untuk dilakukan dalam rangka memperkenalkan fasilitas yang dimiliki yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat nasabah di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun dalam penggunaan internet banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:34
Last Modified: 26 Nov 2020 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item