Penanaman Karakter Religius Melalui Mata Pelajaran Aswaja di MI Ma'arif Polorejo

Nur Azizah, Umi (2020) Penanaman Karakter Religius Melalui Mata Pelajaran Aswaja di MI Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI, 210616099 UMI NUR AZIZAH.-dikonversi(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Azizah, Umi 2020. Penanaman Karakter Religius Melalui Mata Pelajaran Aswaja di MI Ma’arif Polorejo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, M.Si.
Kata Kunci: Karakter Religius, Mata Pelajaran Aswaja
Sekolah adalah sebuah lembaga pendidikan yang merupakan salah satu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter anak. Dan sampai sekarang sudah banyak lembaga pendidikan yang menyelipkan pendidikan karakter di dalam pembelajarannya. Baik diselipkan melalui mata pelajaran, ekstrakurikuler, maupun kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan di sekolah. Dalam membentuk karakter anak secara maksimal, aspek religius perlu ditanamkan terlebih dahulu karena aspek religius adalah penghayatan dan implementasi ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan aspek vital dalam penanaman karakter anak. Selain itu pendidikan karakter juga perlu komunitas pelaksana dan pendukungnya agar dapat berdiri sendiri, seperti halnya NU (Nahdhatul Ulama). NU memiliki nilai inti kependidikan karakter yaitu Ahlussunah wal jama’ah (Aswaja) sesuai dalam konteks Indonesia.
Berdasarkan alasan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti dengan rumusan masalah (1) Bagaimana penanaman karakter religius melalui mata pelajaran Aswaja di MI Ma’arif Polorejo? (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter religius pada mata pelajaran Aswaja ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berarti data yang disajikan yaitu berupa penjelasan deskriptif. Data tersebut diambil di MI Ma’arif Polorejo sebagai tempat penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa mata pelajaran Aswaja ataupun mata pelajaran lainnya yang mengandung pendidikan karakter didalamnya akan lebih mudah anak menerima dan memahaminya dengan diterapkan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara rutin. Dengan begitu, anak akan lebih terbiasa untuk melaksanakannya setiap hari. Selain itu, dari faktor orang tua dan lingkungan juga sangat berpengaruh besar terhadap perubahan karakter anak, terutama lingkungan geografis di MI Ma’arif Polorejo. Dengan lingkungan geografis yang dekat dengan kawasan terminal dan jalan raya penghubung kota, sekolah berupaya untuk mencegah pengaruh negatifnya dengan cara menjadikan salah satu guru sebagai imam sholat di mushola dekat terminal, dan guru tersebut secara langsung dapat memantau karakter siswa yang tinggal di area tersebut. Dengan demikian, kondisi geografis sekolah yang menjadi ciri khas dari MI Ma’arif Polorejo menjadi faktor penghambat paling utama yang dapat mengakibatkan melemahnya karakter religius yang tertanam pada diri siswa sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:00
Last Modified: 26 Nov 2020 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11735

Actions (login required)

View Item View Item