Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan KPR Indent IB di BTN Syariah Kantor Cabang Pembantu Syariah Madiun

Mardiyani, Mira (2020) Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan KPR Indent IB di BTN Syariah Kantor Cabang Pembantu Syariah Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mardiyani, Mira. 2020.. “Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan KPR di BTN Kantor Cabang Pembantu Syariah Madiun”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muchtim Humaidi,S.H.I.,M.IRKH.
Kata Kunci : Direct selling, 7P, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Pemasaran merupakan satu kegiatan pokok yang harus dipahami dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk berkembang dan menghasilkan laba. BTN Syariah KCPS Madiun dalam pemasarannya menerapkan strategi direct selling kepada developer dan nasabah yang datang ke bank. Jumlah nasabah terus mengalami peningkatan akan tetapi minat nasabah terhadap produk KPR Indent masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan KPR Indent iB di Bank BTN Syariah KCPS Madiun?. Apa yang Menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Indent iB di BTN Syariah KCPS Madiun?
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode lapangan (field research) dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah di Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah KCPS Madiun, yang beralamatkan di jalan Cokroaminoto No. 93, Kejuron Kecamatan Taman, Kota Madiun Jawa Timur.
Dari hasil penelitian strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan penjualan produk secara direct selling, sambil terus menjalin kerjasama intens dengan developer dan masyarakat sekitar. aspek strategi promosi sangat kurang diterapkan karena terbukti tidak adanya periklanan dalam sosial media, dan media cetak. Dalam faktor pendukung bank telah sesuai dengan teori, akan tetapi masih belum optimal dalam penggunaan teknologi. Sedangkan faktor penghambat pemasaran yaitu banyak pesaing yang menawarkan produk KPR dengan mengambil margin yang lebih rendah. Dengan demikian bank harus lebih gencar dalam melakukan promosi terhadap produk KPR Indent tersebut, terus meningkatkan kualitas mutu produk, konsisten dalam pemberian pembiayaan, mengoptimalkan dan memanfaatkaan perkembangan teknologi dengan sebaik-baiknya dan juga selalu memperhatikan fakror penghambat pemasaran produk KPR.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:35
Last Modified: 25 Nov 2020 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item