Strategi Promosi Produk Tabungan Haji di BRI Syariah Kantor Cabang Blitar

Waroh, Rida Mustika (2020) Strategi Promosi Produk Tabungan Haji di BRI Syariah Kantor Cabang Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Waroh, Rida Mustika. 2020. Strategi Promosi Produk Tabungan Haji di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing, Muchtim Humaidi,S.H.I.,M.IRKH

Kata Kunci : Sales Promotion, Personal Salling, Publicity, analisis SWOT

Strategi promosi merupakan kegiatan perusahaan untuk mendorong dan meningkatkan penjualan dengan mengarahkan komunikasi-komunikasi yang meyakinkan kepada pembeli. Hal ini juga diterapkan oleh BRI Syariah kantor cabang pembantu Blitar, pada tahun 2019 dalam mempromosikan produk tabungan haji yaitu dengan menggunakan Personal Salling dan Sales Promotion, dengan setiap harinya mengalami peningkatan. Sedangkan pada tahun 2020 bank menambah strategi publicity dengan memanfaatkan media sosial facebook untuk melakukan promosi, akan tetapi penjualan yang didapat mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan tahun 2019 yang mengalami peningkatan setiap harinya. Sehingga hal ini menarik bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih jauh terkait strategi apa saja yang sudah dilakukan bank dan apakah dengan strategi tersebut dapat meningkatkan penjualan produk tabungan haji atau sebaliknya.
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah BRI Syariah kantor cabang pembantu Blitar yang beralamat di Jl. Tanjung, DesaTuri, Kecamtan Sukorejo, Kota Blitar Jawa Timur kode pos 66121.
Dari hasil penelitian strategi promosi yang digunakan yaitu dengan menggunakan strategi Personal Salling dan Sales Promotion pada tahun 2019 dan ditahun 2020 BRI Syariah menambah strategi Publicity dalam media elektronik seperti media sosial, akan tetapi akibat wabah virus corona maka penghasilan masyarakat menjadi terganggu, pengetahuan tentang produk tabungan haji juga melemah yang mengakibatkan bank mengalami penurunan di banding dengan tahun 2019. Dalam analisa SWOT untuk segi kekuatan dan peluang yang dimiliki BRI Syariah kantor cabang pembantu Blitar sudah dijalankan dengan baik, tetapi untuk mendapatkan strategi promosi yang dapat meningkatkan calon nasabah serta kualitas pelayanan dengan maksimal, maka bank dapat memperbaiki model desain-desain brosur, membuat spanduk yang bagus agar dapat menarik dan memudahkan calon nasabah serta dapat memahami dalam pembukaan rekening tabungan haji untuk menutupi kelemahan bank serta ancaman dari pesaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:32
Last Modified: 25 Nov 2020 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item