Analisis Bauran Promosi Pada Sentra Batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

Safitri, Ina (2020) Analisis Bauran Promosi Pada Sentra Batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
INA UPLOAD.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Safitri, Ina. 2020. “Analisis Bauran Promosi Pada Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata kunci: Bauran Promosi (Promotion Mix), Periklanan (Advertising), Penjualan Pribadi (Personal Selling).

Semakin terbukanya persaingan antar perusahaan lokal maupun internasional salah satunya di bidang industri kreatif, membuat Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan harus tanggap membaca keadaan pasar dan memiliki strategi promosi yang tepat sehingga dapat mencapai tujuan program penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran promosi yang diterakan oleh Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Variabel Bauran Promosi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilklanan (advertising) dan penjualan pribadi (personal selling).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana analisis bauran promosi advertising (periklanan) pada Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan?. Bagaimana analisis bauran promosi personal selling (penjualan perorangan) pada Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan?. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode field research, karena dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi promosi yang dilakukan Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan menggunakan periklanan (advertising), dan penjualan pribadi (personal selling). Strategi periklanan (advertising) yang dilakukan oleh Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, menggunakan media cetak yaitu banner, dan brosur. Untuk media elektronik menggunakan media facebook dan instagram. Dalam mempromosikan produknya, Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan sudah melakukan kegiatan periklanan (advertising) sesuai strategi periklanana (advertising). Strategi penjualan pribadi (personal selling) yang dilakukan oleh Sentra batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, sudah menerapkan startegi penjulan pribadi (personal selling) menggunakan media sales.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:27
Last Modified: 25 Nov 2020 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item