ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN BANK JATIM SYARIAH MADIUN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING

Rosdiana, Firda (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN BANK JATIM SYARIAH MADIUN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS_FIRDA[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosdiana,Firda, 210816166, Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Bank Jatim SyariahMadiun Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing, Skripsi,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Ponorogo, 2020.
Kata Kunci : Marketing Mix, Analisis SWOT, Keunggulan Bersaing
Tingginya persaingan dalam pemasaran produk bank menuntut bank harus mampu memiliki strategi pemasaran yang berbeda dari bank lain. Secara teori bahwa indikator pada strategi pemasaran terpenuhi, maka terget pasar harusnya tercapai. Seperti misalnya, ketika tempat suatu usaha strategis, maka kemungkinan besar juga dikenal masyarakat luas. Ketika promosi suatu perusahaan baik, maka masyarakat akan tertarik menggunakan dan membeli produk tersebut. Pada Bank Jatim Syariah Madiun, ditemukan masalah bahwa lokasi perusahaan strategis berada ditengah kota Madiun, namun diperoleh data keuntungan Bank Jatim Syariah Madiuntergolong rendah ini terjadi karena adanya persaingan dengan bank disekitarnya. Promosi pada Bank Jatim Syariah Madiun juga sudah memanfaatkan media sosial, namun masyarakat kurang mengenal adanya Bank Jatim Syariah Madiun dengan berbagai produknya. Sehingga Bank Jatim Syariah Madiun kalah bersaing dengan bank lain.
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik analisis pencocokan data. Sumber data pada penelitian ini dari wawancara dengan staff Bank Jatim Syariah Madiun dan dokumen-dokumen administratif Bank Jatim Syariah Madiun.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data marketing mix yaitu strategi produk, strategi harga, strategi proses, strategi orang, dan strategi bukti fisik tidak mengalami kendala yang menyebabkan Bank Jatim Syariah Madiun tidak bisa mencapai keunggulan bersaing. Tapi ada kendala pada strategi lokasi dan promosi. Pada lokasi meskipun strategis tetapi kendalanya Bank Jatim Syariah Madiun jarak dengan bank-bank syariah lain atau lembaga keuangan lain cukup dekat yang menyebabkan persaingannya juga cukup tinggi. Untuk mengatasi kendala tersebut Bank Jatim Syariah Madiun harus lebih memanfaatkan peluang salah satunya dengan menggunakan strategi jemput bola dimana bank yang datang ketempat nasabah. Dan pada strategi promosi Bank Jatim Syariah Madiun terkendala tekanan persaingan dari bank-bank atau lembaga keuangan lain yang serupa dan produknya sama dengan Bank Jatim Syariah Madiun.Untuk mengatasi kendala tersebut, Bank Jatim Syariah Madiun harus lebih gencar melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai sosial media yang sudah ada dan membuat strategi inovasi terkait promosi.Dan hasil analisis data SWOT yaitu kekuatan dan peluang yang ada pada Bank Jatim Syariah Madiun menorong Bank Jatim Syariah Madiun untuk mampu mencapai keunggulan bersaing. Sebaliknya pada kelemahan dan ancaman yang ada pada Bank Jatim Syariah Madiun harus diminimalisir agar Bank Jatim Syariah Madiun mampu mencapai keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HANIK FITRIANA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:30
Last Modified: 25 Nov 2020 06:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item