Pengaruh Faktor Demografi Dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BRI Syariah KCP POnorogo

Thoyibah, Siti Nur Mu’alifatut (2020) Pengaruh Faktor Demografi Dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BRI Syariah KCP POnorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD ETHESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Thoyibah, Siti Nur Mu’alifatut. Pengaruh Faktor Demografi dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. 2020. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S. Ag, M. S. I.

Kata Kunci: Demografi, Sikap, Keputusan Menabung

Perubahan yang terjadi di dunia keuangan juga diikuti dengan pola pikir masyarakat yang selalu ingin diberikan berbagai macam kemudahan dan kenyamanan termasuk dalam hal keputusan pembelian. Keputusan konsumen muncul karena adanya penilaian yang objektif atau karena dorongan emosi. Dalam hal ini, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi. Faktor demografi dapat mempengaruhi perilaku seseorang, termasuk dalam mengelola perilaku keuangannya. Yang dimana secara tidak langsung sikap individu cenderung memiliki perbedaan dengan adanya perbedaan jenis kelamin, usia, pendidikan dan pendapatan. Di lain sisi, nasabah memiliki alasan-alasan tertentu dalam hal menabung dan sikap nasabah yang nampak yaitu anggapan nasabah terhadap bank syariah sama dengan bank-bank umum lainnya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor demografi dan sikap nasabah terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis datanya adalah regresi linier berganda. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan program aplikasi IBM SPSS 21.Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah orang yang dijadikan sumber data adalah 100 nasabah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara faktor demografi jenis kelamin terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,203 < 1,985, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara faktor demografi usia terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo dengan nilai thitung > ttabel yaitu -2,199 > 1,985, terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara faktor demografi pendidikan terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,111 < 1,985, terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara faktor demografi pendapatan terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo dengan nilai thitung < ttabel yaitu -1,635 < 1,985, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap nasabah terhadap keputusan nasabah menabung dengan nilai thitung > ttabel yaitu 9,057 > 1,985, terdapat pengaruh secara bersama-sama antara faktor demografi dan sikap nasabah terhadap keputusan nasabah menabung dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,555 > 3,090.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 05:03
Last Modified: 25 Nov 2020 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11708

Actions (login required)

View Item View Item