Perilaku Produsen Pengrajin Kulit Metro Di Kabupaten Magetan Perspektif Etika Bisnis Islam

Musyafi'in, Khoirul (2020) Perilaku Produsen Pengrajin Kulit Metro Di Kabupaten Magetan Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716066 - Khoirul Musyafi'in.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Musyafi’in, Khoirul. NIM: 210716066, 2020, “Perilaku Produsen Pengrajin Kulit Metro di Kabupaten Magetan Perspektif Etika Bisnis Islam”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah. IAIN Ponorogo, 2020.
Kata kunci: Perilaku, produsen, pemasaran, etika dan produksi.

Berbisnis merupakan salah satu aktivitas yang diperbolehkan dalam Islam. Etika dalam berbisnis harus diterapkan dengan menunjukkan bahwa etika mengatur semua aktivitas yang disengaja. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perusahaan pengrajin kulit yang menyimpang dari etika bisnis Islam. Dalam proses produksi terdapat kecurangan mencampur bahan baku yang tidak sesuai standart dan dalam pemasaran tanpa disertai ketransparanan kondisi barang kepada konsumen. Dalam etika memproduksi yang terpenting adalah kejujuran. Ia merupakan puncak moralitas iman dan karakteristik yang paling menonjol dari orang-orang beriman.
Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu, Bagaimana perspektif etika bisnis Islam terhadap perilaku produsen dalam memproduksi, pengrajin kulit Metro di Kabupaten Magetan? Bagaimana perspektif etika bisnis Islam terhadap perilaku produsen dalam pemasaran, Pengrajin kulit Metro di Kabupaten Magetan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dalam bentuk kehidupan sebenarnya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena apa yang telah dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode deduktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses produksi tidak sesuai dengan prinsip dasar etika bisnis Islam, karena produsen melakukan kecurangan dalam penggunaan bahan baku, yakni mencampur bahan baku antara kuliatas standart dengan bahan yang kualitasnya dibawah standart. Sedangkan dalam pemasaran, antara barang yang ditawarkan dengan hasil produk yang sesungguhnya, terdapat kualitas yang tidak sesuai. Kecurangan dalam berbisnis adalah termasuk perilaku dzalim, keadaan yang demikian adalah tidak dibenarkan dalam syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:28
Last Modified: 25 Nov 2020 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item