PESAN MORAL DALAM IKLAN SIRUP MARJAN EDISI RAMADHAN 1442 H BERDASARKAN TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Jannah, Fa'iqotul (2020) PESAN MORAL DALAM IKLAN SIRUP MARJAN EDISI RAMADHAN 1442 H BERDASARKAN TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
faiqotul etesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghadapi era modern saat ini, dimana ditandai dengan pesatnya kemajuan dalam bidang teknologi, seperti dalam keseharian, kita dihadapi dengan munculnya teknologi yang terus berinovasi. Hal ini juga terjadi dalam dunia komunikasi. Dari sini dapat kita ketahui bahwa perkembangan teknologi informasi turut berkontribusi dalam cara berkomunikasi manusia saat ini. Iklan merupakan sebuah informasi mengenai produk (barang / jasa) yang dibuat oleh produser iklan dan disampaikan melalui media massa cetak, elektronik, maupun media baru internet. Disetiap iklan terdapat pesan yang sapat diterima langsung maupun tidak langsung. Salah satunya terdapat pada iklan Marjan edisi Ramadhan 1442 H. Pada penelitian ini fokus pada nilai moral yang terkandung dalam iklan Sirup Marjan edisi Ramadhan 1442 H berdasarkan teori Semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan moral yang terdapat dalam tayangan iklan dan untuk menganalisis semiotika dari sisi denotasi konotasi mitos dalam iklan sirup Marjan edisi ramadhan 1442 H berdasarkan teori Semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah iklan itu sendiri. Selanjutnya penulis melakukan observasi dan dokumentasi pada iklan dan menganalisis simbol-simbol pada iklan berupa adegan atau visual dan teks dalam iklan tersebut.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yakni 1) pesan moral yang terkandung dalam iklan berupa edukasi tentang kearifan lokal, mencegah iri dan dengki, menjalinan komunikasi persaudaraan, mendidik ketulusan karena itu semua bisa mendorong terbentuknya kemaslahatan. 2) Berdasarkan Analisis Roland Barthes terdapat makna denotasi yaitu rasa iri dengki seorang kakak yang menyaksikan adiknya mendapatkan tahta dari raja berakibat buruk. Makna konotasi pada iklan ini mengajarkan agar menghilangkan rasa iri dan dengki terhadap saudara karena bisa berakibat buruk. Makna mitos dari iklan ini diantaranya harus memiliki hati yang bersih, tulus, dan menerima segala kekurangan orang lain dengan lapang dada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:26
Last Modified: 25 Nov 2020 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11702

Actions (login required)

View Item View Item