Muatan Materi Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di SMP.

Mawarni, Sindi Ayu (2020) Muatan Materi Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES SINDI AYU MAWARNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mawarni, Sindi Ayu. 2020. Muatan Materi Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Muhammad Heriyudanta, M. Pd. I.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlaq, Kitab Taisir Al-Kholaq, kitab Akhlaq Lil Banat.
Akhlaq adalah perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan. Akhlaq sebagai identitas bagi manusia yang menjadi tolak ukur tinggi rendahnya manusia dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. Diantara kitab yang memuat tentang materi pendidikan akhlaq yaitu kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat. Kitab Taisir Al-Kholaq ini membahas tentang materi pendidikan akhlaq bagi anak secara umum, sedangkan kitab Akhlaq Lil Banat ini membahas tentang materi pendidikan akhlaq yang dikhususkan bagi anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu dengan data-data kepustakaan, yakni dengan mengkaji kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Adapun tujuan dalam penelitian adalah : 1) Mengetahui materi pendidikan akhlaq yang terdapat dalam kitab Taisir Al-Kholaq. 2) Mengetahui materi pendidikan akhlaq yang terdapat dalam kitab Akhlaq Lil Banat. 3) Menganalisa relevansi materi akhlaq yang terdapat dalam kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat dengan materi PAI (sub bab akhlaq) di SMP.
Penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Materi pendidikan akhlaq dalam kitab Taisir Al-Kholaq terdiri dari 29 bab yang memuat sifat-sifat, diantaranya: sifat taqwa, jujur, ‘iffah, muru’ah, dermawan, tawadhu’, dan lain-lain. (2) Materi pendidikan akhlaq dalam kitab Akhlaq Lil Banat terdiri dari 18 bab yang memuat tata krama untuk anak perempuan, diantaranya: akhlaq anak perempuan yang memiliki budi pekerti, kewajiban anak perempuan terhadap Allah dan Nabi, tata krama seorang anak perempuan ketika di sekolah, dan lain-lain. (3) Adapun Relevansi materi Pendidikan Akhlaq dalam kitab Taisir Al-Kholaq dan kitab Akhlaq Lil Banat dengan Materi PAI di SMP terdapat dalam materi sifat jujur,sifat amanah, hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, dan sifat adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:04
Last Modified: 25 Nov 2020 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item