Analisis Inovasi Produk dan Pelayanan pada Bank Jatim Syariah KC Madiun

Oktaviani, Rosidah (2020) Analisis Inovasi Produk dan Pelayanan pada Bank Jatim Syariah KC Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ROSIDAH OKTAVIANI SKRIPSI.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Oktaviani, Rosidah. Analisis Inovasi Produk dan Pelayanan pada Bank Jatim Syariah KC Madiun. Skripsi. 2020. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc., M.A.
Kata Kunci: Pengembangan, pemasaran, kualitas
Inovasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pada perbankan syariah. Tujuan dari inovasi tidak hanya untuk mengurangi biaya semata, akan tetapi merupakan alasan untuk peningkatan kualitas produk dan pelayanan, merancang produk yang lebih baik, daur hidup produk yang lebih panjang, merespons kebutuhan dan tuntutan pelanggan, untuk mengembangkan produk dan pelayanan baru, model organisasi yang baru dan teknik pemasaran baru. Maka Bank Jatim Syariah KC Madiun memerlukan perkembangan inovasi produk dan pelayanan agar masyarakat tertarik dengan produk dan pelayanan dari Bank Jatim Syariah KC Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan manajemen inovasi produk dan pelayanan yang ada di Bank Jatim Syariah KC Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana metode kualitatif adalah suatu metode yang menggunakan pengamatan atau wawancara. Dengan menggunakan penelitian kualitatif ini, peneliti berusaha mengumpulkan data dalam bentuk deskriptif dengan anilisis deskriptif, yaitu dengan penggambaran secara kualitatif fakta, data, atau objek material yang bukan merupakan bentuk angka, melainkan berupa ungkapan secara bahasa ataupun wacana dalam bentuk apapun melalui interpretasi yang tepat dan sistematis. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan inovasi produk dan pelayanan di Bank Jatim Syariah KC Madiun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan pelayanan yang ada di Bank Jatim Syariah KC Madiun yaitu seperti mengevaluasi produk yang lama, melakukan benchmarking produk dengan produk bank syariah lain dan menambahkan fitur-fitur baru pada produk Bank Jatim Syariah KC Madiun, misalnya menambahkan menu pembayaran tiket kereta api pada mobile banking, menu pembayaran listrik/air dan melakukan percepatan waktu dalam proses pembukaan rekening tabungan perorangan baru yaitu dengan menggunakan data KTP elektronik nasabah dan sudah tersinkron dengan sistem Bank Jatim Syariah KC Madiun. Faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan inovasi produk dan pelayanan di Bank Jatim Syariah KC Madiun, yaitu seluruh marketing di kantor cabang memiliki pemahaman yang baik tentang produk dan layanan Bank Jatim Syariah dan menggunakan produk dan layanan tersebut, pihak Kantor Pusat Bank Jatim Syariah melakukan evaluasi secara rutin terkait pemasaran seluruh produk-produk bank, seluruh staf khususnya marketing memahami kelebihan dan kekurangan produk bank yang ditawarkan memiliki kemampuan komunikasi dan sikap yang baik dalam menjalankan proses marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:02
Last Modified: 25 Nov 2020 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item