Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Tembang Macapat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Bareng, Pudak, Ponorogo.

Tunjungwati, Rina (2020) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Tembang Macapat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Bareng, Pudak, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616058_RINA TUNJUNGWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tunjungwati, rina. 2020. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Tembang Macapat pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bareng, Pudak, Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Tembang Macapat

Sekolah Dasar Negeri 2 Bareng, Pudak, Ponorogo berdiri sejak tahun 1987 yang bertempat di Dukuh Tajem. Sekolah Dasar Negeri 2 Bareng merupakan salah satu lembaga sekolah yang mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar pada materi Tembang Macapat. Kegiatan belajar Tembang Macapat diikuti oleh siswa kelas V, kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah maupun di luar jam sekolah dengan tujuan mengurangi kesulitan yang dialami siswa dalam belajar materi Tembang Macapat.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualtatif. Peneliti mengambil data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan simpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Tembang Macapat, penyebab terjadinya kesulitan dalam belajar materi Tembang Macapat, dan nilai keislaman yang terkandung dalam Tembang Macapat.
Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar materi Tembang Macapat. Adapun kesulitan yang dialami siswa, yakni siswa kesulitan mengatur nada dalam menyanyikan Tembang Macapat, kesulitan memahami makna yang terkandung dalam Tembang Macapat, tidak semua siswa memiliki dasar nada untuk menyanyikan Tembang Macapat. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar materi Tembang Macapat adalah pihak sekolah mendatangkan guru khusus dan menambah waktu belajar Tembang Macapat baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam kegiatan belajar materi Tembang Macapat ada 3 tembang, yakni Tembang Megatruh yang berisi pesan untuk hidup mandiri, Tembang Pangkur berisi pesan akhlak, dan Tembang Pocung berisi pesan segala sesuatu harus didasari dengan niat yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:00
Last Modified: 25 Nov 2020 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item