Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Tikar Lipat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada UD Berkah Jaya Bringin Ngawi)

Hamidah, Khoiriyah Rofi'atul (2020) Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Tikar Lipat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada UD Berkah Jaya Bringin Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Khoiriyah RH 210716006.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Hamidah, Khoiriyah Rofi’atul. 2020. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Tikar Lipat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada UD Berkah Jaya Bringin Ngawi). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata Kunci: Produksi, Pemasaran, Pengelolaan Keuangan

Dengan bekerja di sebuah perusahaan seharusnya karyawan dapat memperoleh upah yang sepadan. Upah yang diterima oleh karyawan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara dalam kebutuhan sehari-hari hanya kebutuhan primer saja yang tercukupi. Apabila belum terpenuhi kebutuhan sehari-hari karyawan maka peningkatan kesejahteraan karyawan akan sulit untuk dicapai.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran UMKM tikar lipat UD Berkah Jaya dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dilihat dari fungsi produksi memiliki tenaga kerja yang banyak, modal yang cukup tinggi, dan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menunjang penghasilan tinggi bagi perusahaan. Hal ini disebabkan karena UMKM tikar lipat UD Berkah Jaya tujuan utamanya adalah memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat, baik semangatnya tinggi ataupun rendah semua diterima sebagai karyawan. Dalam pemasaran produk utama yang dihasilkan adalah tikar lipat sehingga belum mampu meningkatkan daya tarik konsumen, harga yang ditetapkan juga tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan penjualan produk diperusahaan lain, dan promosi juga dilakukan dengan offline maupun online, lokasi pemasaran juga terletak pada rumah produksi. Dalam pengelolaan keuangan usaha, UMKM tikar lipat UD Berkah Jaya sudah melakukan pengelolaan secara sistematis. Hanya saja perlu dikaji bagaimana cara agar anggaran dapat berputar dengan baik mengenai pengupahan karyawan. Dalam peningkatan kesejahteraan karyawan hendaknya perusahaan memilih tenaga kerja yang memiliki skill dan semangat tinggi serta ulet, melakukan produksi selain tikar tenun agar dapat menarik karyawan sehingga pendapatan meningkat, dan mengkaji ulang pengelolaan keuangan agar sistem pengupahan karyawan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:59
Last Modified: 25 Nov 2020 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item