Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Murabahah Dengan Financing To Deposit Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada BPRS Di Indonesia Periode 2017-2019

Utaminingsih, Tri (2020) Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Murabahah Dengan Financing To Deposit Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada BPRS Di Indonesia Periode 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Pendaftaran Yudisium.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Utaminingsih, Tri. 2020. “Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio dan Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Murabahah dengan Financing to Deposit Ratio sebagai Variabel Intervening Pada BPRS Indonesia Periode 2017-2019”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal dan OJK
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya ketidaksesuaian antara teori dan fakta yang ada di lapangan. Faktanya dalam penelitian ini DPK naik tetapi diikuti dengan turunnya pembiayaan murabahah, CAR naik tetapi diikuti dengan turunnya pembiayaan murabahah, NPF menurun tetapi pembiyaan murabahah juga turun dan FDR menurun tetapi pembiayaan murabahah naik. Sehingga dirumuskan masalah bagaimana pengaruh DPK terhadap pembiayaan murabahah, CAR terhadap pembiayaan murabahah, NPF terhadap pembiayaan Murabahah dan FDR terhadap pembiayaan murabahah. Bagaimana pengaruh DPK, CAR, NPF dan FDR terhadap pembiayaan murabahah secara simultan. Bagaimana pengaruh DPK terhadap FDR, CAR terhadap FDR dan NPF terhadap FDR. Bagaimana pengaruh DPK, CAR dan NPF secara simultan. Apakah FDR mampu memediasi antara DPK, CAR dan NPF terhadap pembiayaan murabahah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu data bulanan BPRS di Indonesia yang dipublikasikan oleh OJK pada laporan statistik perbankan syariah periode 2017-2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5% dan analisis jalur/path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial DPK dan FDR berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah sedangkan CAR dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Secara simultan DPK, CAR, NPF dan FDR berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Kemudian secara parsial DPK berpengaruh pada FDR dan CAR dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap FDR. Secara simultan DPK, CAR dan NPF berpengaruh signifikan terhadap FDR. FDR sebagai variabel intervening terbukti mampu memediasi pengaruh DPK, CAR dan NPF secara simultan. Secara parsial FDR secara tidak langsung mampu memediasi DPK terhadap pembiayaan murabahah. FDR tidak dapat memediasi CAR dan NPF terhadap pembiayaan murabahah. Penyebab dari menurunnya pembiayaan disebabkan oleh berbagai faktor dari luar bank seperti inflasi, suku bunga, teknik pemasaran dll, sehingga beberapa faktor internal tersebut tidak mempengaruhi pembiayaan murabahah. Pengaruh tersebut mengindikasikan bahwa BPRS belum bisa menjaga kestabilan rasio kecukupan modal dan rasio pembiayaan bermasalah. Sehingga solusi agar tidak terjadi penurunan pembiayaan murabahah kembali BPRS diharapkan mampu menekan terjadinya risiko gagal bayar dan menstabilkan rasio kecukupan modalnya berdasarkan ketentuan Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:56
Last Modified: 25 Nov 2020 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item