(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI) Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Tresnawati, Rizqi Diah (2019) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI) Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas IV SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIZQI DIAH TRESNAWATI (210616054).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tresnawati, Rizqi Diah. 2020. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Motivasi Belajar, Presatsi Belajar.
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa di sekolah bertujuan untuk memperoleh ilmu sehingga terjadi perubahan pada siswa, baik perubahan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan tingkah laku. prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pemanfaaatan perpustakaan sekolah adalah salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sedangkan motivasi belajar menjadi salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020; (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020; (3) hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Ponorogo dengan hasil sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan rhitung 0,574 > rtabel 0,301; (2) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Tahun ajaran 2019/2020 dengan hasil sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan rhitung 0,541 > rtabel 0,301; (3) ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas IV SDIT Qurrota A‟yun Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 dengan hasil sig. sebesar 0,000 , 0,05 dan rhitung 0,654 > 0,301.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:48
Last Modified: 25 Nov 2020 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item