Pendidikan Akhlak Islami Bagi Remaja Putri Di Lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital

MUTMAINAH, ANNISA NUR (2020) Pendidikan Akhlak Islami Bagi Remaja Putri Di Lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-THESES SKRIPSI_210316346_ANNISA NUR MUTMAINAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mutmainah, Annisa Nur. 2020. Pendidikan Akhlak Islami bagi Remaja Putri di Lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah R., M.Pd.I

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Remaja, Pondok Pesantren, Era Digital.

Perkembangan teknologi di era digital yang semakin pesat berdampak pada menurunnya akhlak para remaja putri di kehidupan sehari-hari. Hal ini juga terjadi di lingkungan pesantren, termasuk Pesantren Putri Al-Mawaddah, sehingga pendidikan akhlak bagi para remaja putri di lingkungan pesantren sangat dibutuhkan, guna menghadapi tantangan era digital yang semakin kompleks.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pendidikan akhlak islami di lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam menghadapi tantangan era digital, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pendidikan akhlak bagi remaja putri di lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam menghadapi tantangan era digital, dan (3) mengungkap dampak pendidikan akhlak islami bagi remaja putri dalam menghadapi tantangan era digital di lingkungan Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Proses pendidikan akhlak islami bagi remaja putri di Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam menghadapi tantangan era digital dilakukan dengan penyusunan peraturan dan implementasinya, suri teladan dari para pimpinan, usta>dh dan usta>dhah serta pengurus OSWAH, pembiasaan berakhlak baik, pemberian materi di dalam kelas dan di luar kelas, dan penugasan wali asrama dan pengurus kamar. 2) Faktor pendukung dalam proses pendidikan akhlak bagi remaja putri adalah lingkungan pesantren yang baik dan islami, adanya sanksi bagi pelanggar peraturan dan adanya penanaman akhlak islami melalui mata pelajaran yang diajarkan di kelas. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan orang tua, teman dekat yang berakhlak madhmu>mah dan kurangnya kesadaran remaja putri dalam berakhlak baik. 3) Dampak pendidikan akhlak islami bagi remaja putri dalam menghadapi tantangan era digital di Pesantren Putri Al-Mawaddah adalah meningkatnya kesadaran dalam beribadah, meningkatnya kesadaran dalam menaati peraturan, dan mempunyai sikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi seperti di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah R.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:43
Last Modified: 25 Nov 2020 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item