Pengaruh Citra Merek, Celebrity endorser, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Konsumen Wardah Kab. Ponorogo)

Saputro, Dwi Agung Wahyu (2020) Pengaruh Citra Merek, Celebrity endorser, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Konsumen Wardah Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716139_Dwi_Agung_Wahyu_Saputro_publis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wardah merupakan kosmetik yang terkenal dengan produk halal serta merupakan pelopor produk halal dan merupakan produk kosmetik pertama yang mendapat sertifikasi halal oleh BPOM MUI, Namun wardah sebagai produk dengan pelopor halal dan terkenal dengan produk halalnya selama 5 tahun dari tahun 2016 mengalami penurunan penjualan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah citra merek, celebrity endoser, dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitantif dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Menurut hasil analisis variabel citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik merek wardah oleh konsumen wardah kabupaten ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1), celebrity endorser (X2) dan harga (X3) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil dari Uji Hipotesis menunjukkan bahwa citra merek (X1), celebrity endorser (X2), dan harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini bahwa citra merek celebrity endorser, dan harga, berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Disarankan hendaknya pihak kosmetik Wardah meningkatkan penggunaan celebrity endorser, seperti penggunaan selebriti yang sedang popular Pada harga hendaknya produsen menambah paket-paket promosi harga serta member lebih banyak rentan harga sehingga lebih menarik dan lebih dapat dijangkau oleh masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:37
Last Modified: 25 Nov 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item