Pengaruh Inflasi, Non Performing Finance, Financing To Deposit Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019

Aji, Estu Prasetiyo Purnomo (2020) Pengaruh Inflasi, Non Performing Finance, Financing To Deposit Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS ESTU PRASETIYO PURNOMO AJI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aji, Estu Prasetiyo Purnomo. 2020. Pengaruh Inflasi, Non Performing Finance, Financing To Deposit Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, MEI
Kata kunci: OJK, Penurunan, Likuiditas
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Bank Umum Syariah yaitu Tingkat Pertumbuhan Aset mengalami penurunan pada periode 2015-2019 namun Inflasi, Non Performing Finance, Financing To Deposit Ratio juga mengalami penurunan, sedangkan Return On Asset mengalami kenaikan, hal ini berbanding terbalik dengan teori yang ada. Rumusan masalahnya adalah: 1) Apakah inflasi, Non Performing Finance, Financing to Deposit Ratio dan Return on Asset secara parsial dan juga secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan aset bank umum syariah di Indonesia, 2) Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap pertumbuhan aset bank umum syariah di Indonesia.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 4 bank umum syariah devisa, ditentukan dengan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa laporan keuangan triwulan masing-masing bank umum syariah dan laporan inflasi triwulan BI pada periode 2015-2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif variabel, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diolah dengan program SPSS Versi 21.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial Variabel inflasi tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Devisa. Variabel Non Performing Finance berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Devisa. Variabel Financing to Deposit Ratio berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Devisa. Variabel Return on Asset berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Devisa. Variabel Inflasi, Non Performing Financing, Financing to Deposit Ratio, Return on Asset secara simultan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah Devisa, serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pertumbuhan aset adalah variabel Return On Asset. Hasil ini menunjukkan bahwa Bank Umum Syariah Devisa harus berhati-hati dengan tingkat inflasi yang bisa melonjak sewaktu-waktu meskipun inflasi tidak terlalu mempengaruhi kegiatan Bank Umum Syariah Devisa. Selain itu Bank Umum Syariah Devisa harus berupaya untuk menekan tingkat NPF dan FDR untuk memperkecil resiko, serta harus fokus pada peningkatan profitabilitas (Rasio ROA) untuk meningkatkan pertumbuhan asetnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:36
Last Modified: 25 Nov 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11631

Actions (login required)

View Item View Item