Pengaruh Edukasi Dan Sosialisasi Sistem Jaminan Produk Halal Terhadap Kesiapan Pendaftaran Sertifikasi Halal IKM Di Kabupaten Ponorogo

Devi, Selfiana (2020) Pengaruh Edukasi Dan Sosialisasi Sistem Jaminan Produk Halal Terhadap Kesiapan Pendaftaran Sertifikasi Halal IKM Di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELFIANA DEVI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Devi, Selfiana. 2020. Pengaruh Edukasi dan Sosialisasi Sistem Jaminan Produk Halal Terhadap Kesiapan Pendaftaran Sertifikasi Halal IKM di Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.

Kata Kunci : Edukasi SJH, Sosialisasi SJH, Kesiapan Pendaftaran
Mengingat bahwa di negara Indonesia mayoritas muslim serta masih sedikitnya pemahaman pelaku usaha terhadap sertifikasi halal maka dirasa perlu adanya penelitian tersebut. Sertifikasi halal adalah fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh MUI yang menyataka kehalalan suatu produk yang merupakan keputusan sidang Komisi Fatwa MUI berdasarkan proses audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI. Dalam hal ini yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan pendaftarannya maka diharuskan ada edukasi dan sosialisasi sistem jaminan produk halal yang sudah termuat dalam pasal 23 UU Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, dan perpindahan sifat dari sertifikasi halal yang awalnya sukarela menjadi wajib.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1). Apakah edukasi sistem jaminan produk halal berpengaruh terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal ikm di kabupaten ponorogo? (2). Apakah sosialisasi sistem jaminan produk halal berpengaruh terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal ikm di kabupaten ponorogo?(3). Apakah edukasi dan sosialisasi sistem jaminan produk halal bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal ikm di kabupaten ponorogo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 orang yang diambil dari pelaku usaha industri kecil menengah di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari angket yang diisi oleh pelaku usaha tersebut. teknik analisis data untuk rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk rumusan masalah ke 3 menggunakan analisisi regresi linier berganda. Juga di lakukan analisis melalui uji t dan uji F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Secara parsial edukasi JPH berpengaruh signifikan terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Adapun pengaruh edukasi JPH terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal adalah 12,8% dan sisanya 87,2% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Secara parsial sosialisasi JPH berpengaruh signifikan terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Adapun pengaruh sosialisasi JPH terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal sebesar 8,3% sisanya 91,7% dipengaruhi oleh faktor lain.(3) Secara simultan edukasi dan sosialisasi JPH berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kesiapan pendaftaran sertifikasi halal, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun pengaruh kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi kesiapan pendaftaran sertifkasi halal sebesar 17,8%, sedangkan sisanya 82,25% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:37
Last Modified: 25 Nov 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11629

Actions (login required)

View Item View Item