Pengaruh Fasilitas, Harga dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Hotel dan Penginapan di Area Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

Rismadayanti, Nina (2020) Pengaruh Fasilitas, Harga dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Hotel dan Penginapan di Area Wisata Telaga Ngebel Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
null-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rismadayanti, Nina. 2020. Pengaruh Fasilitas, Harga dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Hotel dan Penginapan di Area Wisata Telaga Ngebel Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Maulida Nurhidayati, M.Si.

Kata Kunci: Fasilitas, Harga dan Penerapan Etika Bisnis Islam.

Wisata telaga Ngebel adalah objek wisata yang paling populer di Kabupaten Ponorogo. Sebagai salah satu destinasi wisata populer hotel merupakan sarana penting sebagai akomodasi bagi pengunjung yang datang. Namun di hotel dan penginapan di ngebel jumlah kunjungan cenderung tidak stabil hal ini menunjukkan bahwa keputusan pengunjung untuk menginap masih rendah. Jika keputusan pengunjung untuk menginap rendah akan berdampak pada pendapatan hotel itu sendiri serta tidak terpenuhinya biaya operasional yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, pemilik hotel dan penginapan harus memikirkan cara-cara agar dapat terus bertahan menjalankan bisnis jasa hotel dan penginapan ini. hasil dari wawancara yang dilakukan diketahui bahwa adanya perbedaan antara teori dan praktik di lapangan terkait fasilitas, harga dan etika bisnis Islam. Beberapa pengunjung menyatakan fasilitas masih kurang tapi tetap memutuskan untuk menginap, harga yang diberikan tiba-tiba berubah namun karena sudah sampai disana maka tetap memutuskan untuk menginap serta tidak adanya batasan usia pengunjung juga membuat kurang nyaman namun masih memutuskan untuk menginap di hotel tersebut. Berdasarkan permasalan tersebut penelitian in dibahas dengan tujuan untuk mengetahui apakah fasilitas, harga dan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan menginap di hotel dan penginapan di area wisata telaga Ngebel Ponorogo.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif dengan jumlah populasi yang tak terhingga dan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode incidental sampling yaitu penentuan sampel secara insidental/kebetulan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner.
Dari analisis data yang telah dilakukan dapat disipulkan bahwa fasilitas berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan jasa hotel dan penginapan sebesar 69,7%, harga berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan jasa hotel dan penginapan sebesar 68%, serta penerapan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa hotel dan penginapan sebesar 71,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa fasilitas, harga dan penerapan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa di area wisata telaga Ngebel Ponorogo secara simultan sebesar 77,2% sedangkan 22,8% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:34
Last Modified: 25 Nov 2020 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11627

Actions (login required)

View Item View Item